Utama  

Humas UB Gelar “Bonsai” Terkait Riset dan Inovasi

Majalahfakta.id – Humas Universitas Brawijaya (UB) menggelar acara Bincang dan Obrolan Santai Bersama Pakar terkait riset dan inovasi.

Kegiatan diadakan dengan audience jurnalis tersebut dilaksanakan Selasa, (25/1/2022) di Gedung Keperawatan UB Dieng.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Wakil Rektor V Bidang Riset dan Inovasi Dr Bambang Susilo M.Sc.Agr, Sekretaris LPPM UB Dodi Wirawan Irawanto, SE., M.Com., Ph.D, Wakil Dekan I FPIK Andi Kurniawan, SPi., M.Eng., D.Sc., dan Ketua Pusat Inovasi UB Dr. Ir. Anang Lastriyanto, M.Si.

WR V mengatakan ada dua hasil penelitian dari LPPM 2021 yang tahun 2022 sudah siap digiring untuk piloting ke Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DI2B) untuk dihilirisasi.

“Saat ini sebagai WR V tugas saya mengintegrasikan dan mensinkronkan riset-riset UB yang bisa dihilirisasi. Jika dulu BIIW mengerjakan pekerjaan sendiri, LPPM mengerjakan riset dan pengabdian sendiri dan kurang koordinasi maka maka sekarang dengan tanggung jawab dijadikan satu pada Wakil rektor maka akan lebih terintegrasi sistem kerjanya. Jadi riset yang sudah mempunyai tingkat kesiapan teknologi (TKT) tinggi bisa digeser keprogram kerja DI2B untuk hilirisasi,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, setelah sampai di DI2B maka penelitian tersebut akan diinkubasi sampai layak teknis, ekonomi, sosial dan berkelanjutan untuk selanjutnya dikomersialkan lewat Badan Pengelola Usaha atau BPU atau juga dikomersialkan melalui investor swasta.

Dua penelitian yang sudah siap untuk dihilirisasi tersebut adalah Pengembangan Garam Rakyat Jawa Timur milik Andi Kurniawan (FPIK) dan Model Kepemimpinan Berbasis Budaya Indonesia Untuk Organisasi Tangguh karya Dody Irawanto, Ph.D.

Bambang berharap ke depan penelitian lebih komprehensif dari dasar sampai terapan.

Selain mengadakan bincang santai bersama pakar, untuk menjalin kebersamaan dengan media, kegiatan diisi dengan bermain sepakbola di lapangan kampus UB Dieng. (hms/mud)