Daerah  

Pelindo Lakukan Renovasi Ruang Tunggu Domestik Bertahap Menuju Pelabuhan Sehat

FAKTA – Terminal pelabuhan penumpang domestik maupun international Tanjung Balai Karimun yang dikelola oleh PT Pelindo Multi Terminal Tanjung Balai Karimun telah berkomitmen untuk menjadikan pelabuhan penumpang menjadi pelabuhan sehat nantinya.

General Manager PT Pelindo yang juga Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal Tanjung Balai Karimun Joni Hutama mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran kurang lebih sebesar Rp1,5 miliar untuk renovasi ruang tunggu penumpang domestik dua lantai yang akan dikerjakan secara bertahap pada tahun ini.

“Alhamdulillah, untuk alokasi anggaran sudah di acc oleh pusat. Tinggal, proses pengerjaannya secara bertahap,” terangnya, Selasa (16/9/2025).

Ia mengungkapkan, anggaran Rp1 miliar tersebut akan dipergunakan untuk renovasi fasilitas ruang tunggu penumpang yang saat ini baru satu lantai difungsikan. Itupun, digabung dengan pedagang yang jualan dengan fasilitas ruang pendingin yang telah disiapkan.

“Nah, nanti kedepannya. Lantai satu khusus untuk penumpang dan lantai dua ada cafe maupun resto, bagi penumpang yang akan berbelanja maupun makan dan minum sambil menunggu kapal tiba,” ungkapnya.

Artinya. Lanjut Joni lagi, proses pengerjaan nantinya tidak akan menganggu calon penumpang yang akan berangkat. Sebab, dikerjakan secara bertahap nantinya. Sesuai komitmen, PT Pelindo bahwasannya terminal penumpang Tanjung Balai Karimun akan menjadi pelabuhan yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

“Paling penting adalah, para penumpang harus tetap menjaga kebersihan dikawasan terminal ini. Sebab, kalau tidak ada kerjasamanya akan sia-sia kita bangun,” pesannya. (Hendri )