banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Tingkatkan PAD Sektor Pariwisata Melalui Even Dan Kenaikan Tarif Masuk

663 views


TEKAD Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk terus meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sepertinya terus dilakukan dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang dimiliki. Seperti untuk peningkatan PAD di sektor pariwisata tahun 2016 ini ditargetkan naik dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Drs Sufiyanto MSi, menjelaskan, target PAD sektor pariwisata pada tahun 2016 sebesar Rp 280 juta, sehingga mengalami kenaikan sebesar Rp 20 juta dibandingkan tahun 2015 yang sebesar Rp 264 juta.

“Karena itu kami akan berupaya untuk memperoleh PAD tersebut dengan cara menggelar even-even untuk menarik minat pengunjung wisata,”ungkapnya.

Disamping itu, tegas Mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Sumenep ini, jika melihat harga karcis masuk di 3 lokasi tempat wisata yakni Pantai Slopeng, Lombeng dan Museum Keraton Sumenep hanya sebesar Rp 2.000,-/orang. Itu tariff termurah di dunia. Sehingga pihaknya akan menaikkan harga tiket masuk ketiga lokasi pariwisata itu untuk meningkatkan PAD.Yakni, akan menaikkan tarif karcis masuk 100 persen, menjadi Rp 4.000,-/orang, sehingga kenaikan PAD melalui sektor pariwisata akan bisa dicapai. Selain itu dengan dinaikkannya tiket masuk lokasi wisata, juga akan berimbas pada upaya pengelolaan lokasi wisata agar menjadi semakin baik.

“Usulan keniakan tiket masuk tempat wisata itu sudah di-ACC sama bupati dan baru akan diterapkan pada 2017 nanti,” tambahnya.(Ainur) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com