Tingginya Kasus Nakes Meninggal, Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Beri Perhatian Serius

Majalahfakta.id – Gugurnya 1.000 orang lebih tenaga kesehatan (Nakes) karena Covid-19, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyatakan Indonesia Berduka. Gus Muhaimin –begitu akrab dipanggil mengaku sangat prihatin dan menyampaikan duka mendalam, sebab dokter maupun perawat merupakan ujung tombak yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

”Nakes adalah kita. Ketika Nakes sakit maka kita pun sakit. Ketika Nakes tidak selamat, Indonesia tidak selamat. Perang melawan Corona hari-hari ini harus kita menangkan. Indonesia harus menang. Indonesia tidak boleh kalah,” ujar Gus Muhaimin dalam keterangan tertulis, Senin (19/7/2021).

Baca Juga : Kasus Dokter Meninggal, Jatim Urutan Teratas

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung setahun lebih menyebabkan sedikitnya 73.582 korban jiwa. Dari jumlah itu, ternyata tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat yang meninggal dunia akibat Covid-19 cukup tinggi, mencapai hampir 1.000 orang.

Mengacu pada data Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), per 18 Juli 2021, ada sebanyak 545 dokter di Indonesia meninggal dunia akibat COVID-19. Sementara data dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), sekitar 7.392 perawat yang terkonfirmasi positif, suspek sebanyak 309, dan mereka yang gugur sebanyak 445 perawat.

ADVERTISE

1 min read121 kali dibaca