Dugaan Mark Up Dana Publikasi Tiyuh Mulya Kencana, Tubaba, APH Diminta Usut Tuntas

40 views
Ilustrasi : net


Fakta Hukum Kriminal – Diduga Dana publikasi Tiyuh Mulya Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, beraroma mark up serta tidak jelas.

Kepalo Tiyuh Mulya Kencana berinisial (S) secara tidak langsung dinilai telah mempermainkan para awak media, Sabtu (2/7/2022)

Anggaran Dana Desa (ADD/DD) tahun 2022 tahap kedua dinilai sangat fantastis milik pemerintah yang mengalir ke tiyuh.

Sejumlah Kepalo Tiyuh dan perangkat diduga tergoda untuk “memainkannya” demi mengambil keuntungan pribadi.

Modus “memainkan” uang negara dengan cara melakukan penggelembungan (mark up) terhadap anggaran publikasi para awak media.

Ini dilakukan kepalo tiyuh yang dibayarkan melalui Rukun Keluarga (RK) berinisial BD.

Dalam aksinya, BD selaku RK menunjukkan data tersebut, ia menerangkan bahwa, “mas kami dianggarkan hanya Rp5.000.000.00 (Lima Juta Rupiah) di bagi 23 media masing-masing media diberikan Rp 50 ribu saja,” kata BD.

Dari nilai para awak media, bila dirincikan atau kalkulasi anggaran tersebut lebih, dari 23 media dibayar Rp50 ribu sedangkan anggaran tersebut sebesar Rp5.000.000.00 (Lima Juta Rupiah) sisanya dikemanakan.

BD menerangkan, “ini kebijakan kami mas Rp50 ribu”. Dari kejanggalan tersebut terlihat jelas bahwa, ada penyimpangan anggaran, diduga mark up.

Selain dari pada itu aparatur tiyuh berjumlah sekitar 14 orang, “anehnya kenapa harus RK yang ikut campur dalam pembagian publikasi, kemana aparatur tiyuh lainnya dan Sekertaris Tiyuh apa Fungsinya bila tidak bisa melayani dalam pekerjaan Tiyuh Mulya Kencana.

Dari hal tersebut diharap kepada Pemerintah atau penegak hukum Tulang Bawang Barat untuk mengusut dugaan mark up tindak pidana korupsi sebagai mana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU no 31 tahun 1999 sebagai mana diubah oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang ada di Tiyuh Mulya Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Sampai berita ini diterbitkan Kepalo Tiyuh Mulya Kencana belum bisa dihubungi. (wis/oln)