banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Rapat Usulan Pemberhentian Wakil Bupati karena Meninggal Dihadiri Plh Bupati OKU

103 views


Majalahfakta.id – Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H. menghadiri Rapat Paripurna ke-I DPRD Kabupaten OKU Masa Persidangan ke-2  Tahun sidang 2022.

Dalam Rangka Penetapan Usulan Pemberhentian Drs. Johan Anuar, SH, MM Sebagai Wakil Bupati OKU Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis, (20/01/2022).

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Massa Persidangan Ke -1 Tahun Sidang 2022 dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD OKU Yoni Risdianto, SH, dihadiri pimpinan pejabat terkait dan rapat ini bersifat terbuka untuk umum.

Agenda inti dari rapat, Penetapan Usulan Pemberhentian Drs. Johan Anuar, SH, MM sebagai Wakil Bupati OKU karena telah meninggal Dunia, tepatnya pada 10 Januari 2022 di Palembang. 

Pembacaan Rancangan Keputusan DPRD kab.OKU oleh Sekwan DPRD OKU A. Karim,S.E,M.T. Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Rancangan Keputusan DPRD 

Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menyampaikan sesuai agenda yang sudah ditetapkan dalam keputusan pimpinan DPRD kabupaten OKU nomor 3 tahun 2002 tanggal 19 Manuari 2022.

Lanjut dia, maka saat ini  kita bersama mengikuti dan melaksanakan rapat paripurna ke-I DPRD  Kabupaten OKU masa persidangan ke-2 tahun 2022. Dalam rangka menetapkan usul pemberhentian wakil bupati (alm. Drs. Johan Anuar, S.H, M.M) periode jabatan 2021 – 2024.

Sesuai dengan mekanisme yang berlaku untuk disampaikan kepada Gubernur sumatera selatan, untuk selanjutnya akan diteruskan dengan kepada  menteri dalam negeri. 

Pada prinsipnya, kami sangat mendukung sepenuhnya dan sangat mengapresiasi komitmen DPRD Kabupaten OKU, untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan semua agenda pemerintahan dan rencana pembangunan serta kewajiban pelayanan masyarakat bagi kemajuan  daerah kita ini.

Dalam kondisi transisi fungsi kepala daerah setelah meninggalnya Drs. H. Kuryana Azis, dan Drs. Johan Anuar, S H, M M.  

Pemberhentian Johan Anuar,  selaku wakil kepala daerah karena meninggal dunia, memang harus ditetapkan melalui proses persidangan DPRD sebagai bahan kelengkapan administratif, untuk proses pemerintahan berikutnya. 

“Melalui forum rapat paripurna, perkenankan saya mewakili jajaran Pemerintahan Kabupaten OKU dan pihak keluarga Bapak Johan Anuar, menyampaikan permohonan maaf kepada segenap anggota dewan yang terhormat atas semua kesalahan dan kealfaan almarhum selama menjalankan tugas, selaku Wakil Bupati OKU selama ini,” tutur Edward.

“Begitupula selama menjalankan fungsi kepemimpinan di DPRD Kabupaten OKU. Dan memohon do’a kita semua, kiranya almarhum memperoleh ampunan dan pahalanya dilipatgandakan atas segala amal kebaikan yang pernah dilakukannya. Terutama untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat bumi sebimbing-sekundang,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini, jajaran pemerintahan daerah menyampaikan harapan kiranya segenap anggota dewan yang terhormat dan seluruh elemen masyarakat, tetap memberikan dukungan penuh dan kerjasama aktif dalam mengawal program-program pembangunan daerah. 

“Selain itu, saya juga menjamin bahwa roda penyelenggaraan fungsi pemerintahan umum dan pelayanan publik, akan tetap berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang akan dicapai,” tegasnya. 

Wakil Ketua II DPRD OKU Yoni Risdianto, SH menutup Acara Rapat Paripurna mengatakan melalui kesempatan yang baik ini, izinkan kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD  kabupaten oku dan segenap lapisan masyarakat oku, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada almarhum saudara Drs. Johan Anuar, S.H, M.M, ,atas pengabdiannya dan jasa — jasa beliau sebagai Wakil Bupati OKU. 

“Semoga karya yang telah di ukir di bumi sebimbing sekundang ini akan selalu terpatri dalam kehidupan masyarakat oku. Kami yakin dan percaya, bahwa ketokohan, karya nyata dan sosok pengabdian  yang telah di berikan kepada masyarakat selama ini, baik dalam bentuk pembangunan fisik, mental spiritual, pendidikan, sosial kemasyarakatan, kepemudaan dan bidang — bidang lainnya.  Menurut pendapat sebagian besar masyarakat telah membawa perubahan dan bermanfaat secara luas,” pungkasnya.

Harapan masyarakat OKU, agar segera dilantiknya pejabat Bupati OKU Defenitif, semoga roda pemerintahan berjalan efektif lancar dan sehingga memiliki wewenang penuh. (wis/min)