banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Dovishnya Notulen FOMC September 2015 Gentarkan Dolar AS

626 views


The Fed menunda kenaikan suku bunga acuan akhir tahun ini atau awal tahun depan
The Fed menunda kenaikan suku bunga acuan akhir tahun ini atau awal tahun depan

DOLAR AS jatuh terjerembab pasca rilis notulen rapat FOMC September, Jumat (09/10) dini hari tadi. Jarum EUR/USD sempat menyambar level tinggi 2 pekan terhadap dolar AS, sementara Swiss Franc menumbangkan mata uang AS tersebut ke level rendah tiga bulan sesaat setelah notulen The Fed diluncurkan.

“Dolar bereaksi negatif terhadap komentar-komentar yang ternyata dovish, (karena) mempertimbangkan prospek inflasi,” kata Patrick Maldari, ahli investasi di Aberdeen Asset Management di New York.

Kenaikan Suku Bunga AS Di Awal Tahun Depan

Dalam notulen rapat FOMC The Fed tertulis, sejumlah anggota komite memperkirakan bahwa kondisi yang tepat untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan AS adalah akhir tahun ini hingga awal tahun depan.

Para pembuat kebijakan di The Fed mengakui ada sedikit penurunan risiko dalam aktivitas ekonomi, tetapi sebagian anggota lainnya khawatir inflasi AS akan terseret turun.

Mengenai sektor tenaga kerja, FOMC tampaknya tidak memusingkan penurunan data NFP AS yang terbaru. Beberapa pejabat masih mengatakan bahwa peningkatan kondisi pasar tenaga kerja sudah mencapai atau akan segera mencapai kriteria yang diharapkan oleh komite FOMC untuk memulai normalisasi kebijakan moneter.

“Akan tetapi, sejumlah peserta rapat menilai adanya pertambahan penurunan risiko dalam outlook pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Menurut mereka, walaupun waktu pelaksanaan normalisasi kebijakan kemungkinan sudah dekat, akan lebih baik jika The Fed mau menunggu informasi lainnya, seperti bukti peningkatan pasar tenaga kerja, konfirmasi bahwa outlook pertumbuhan ekonomi tidak memburuk secara signifikan, serta informasi apakah inflasi masih dalam jalur untuk menuju target 2 persen dalam jangka waktu menengah,” tulis risalah rapat itu.

Penguatan Ekonomi Regional AS Bukan Jaminan

Adapula sejumlah anggota yang khawatir jika pengetatan moneter dilakukan terlalu prematur, maka dampaknya akan mengikis kredibilitas The Fed dalam mengukur inflasi, terutama jika nantinya inflasi ternyata tetap di bawah target 2 persen untuk waktu yang lama.

Pada intinya, semua anggota komite FOMC kecuali satu orang, sepakat bahwa meskipun perekonomian AS sudah menguat dan kerentanan dalam sektor tenaga kerja sudah memudar, hal itu bukanlah satu-satunya jaminan untuk menaikkan suku bunga di bulan September 2015. (Seputarforex) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com