banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Dari Audiensi Unud Ke Pemkab Badung Lahirkan Ide Kerja Sama Bangun RS Dan GOR

480 views


Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, bersama Wabup Badung, Ketut Suiasa, saat beraudiensi dengan rombongan Universitas Udayana di Puspem Badung
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, bersama Wabup Badung, Ketut Suiasa, saat beraudiensi dengan rombongan Universitas Udayana di Puspem Badung.

CIVITAS Akademika Universitas Udayana (Unud) melakukan audiensi ke Pemerintah Kabupaten Badung. Dalam rombongan yang dipimpin langsung oleh Rektor Unud, Prof I Ketut Swastika, dan diterima langsung oleh Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, bersama Wabup Badung, Ketut Suiasa, didampingi Sekda Badung, Kompyang R Swandika, serta Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata, Wakil Ketua DPRD Badung, I Made Sunarta, di ruang Nayaka Gosana, Rabu (20/7) lahir beberapa gagasan serta ide.

Dalam audiensi yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara Unud dan Pemkab Badung tersebut tercetus wacana untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang. Baik di bidang budaya, pertanian, olahraga hingga di bidang kesehatan.

Rektor Unud, Ketut Swastika, mengatakan, tujuan audiensi ini tiada lain adalah untuk menjalin komunikasi antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan Civitas Akademika Unud untuk ke depannya bersama-sama dalam mencerdaskan masyarakat baik melalui program maupun lainnya.

Wakil Rektor II Unud, Prof Ketut Budi Susrusa, yang turut hadir juga mengatakan bahwa pihak Unud dan Pemkab Badung dapat menjalin kerja sama yang baik dalam membangun gedung olahraga (GOR) dan juga di bidang kesehatan serta penyediaan fasilitas kesehatan berupa rumah sakit.

Menurut Budi Susrusa, RSUD Mangusada Badung yang berlokasi di Kelurahan Kapal sudah sangat baik, dan akan lebih baik lagi jika Pemkab Badung memiliki sebuah rumah sakit di kawasan Badung selatan karena geografis Badung yang memanjang dari Uluwatu hingga Pelaga Petang.

“RSUD Mangusuda khususnya melayani masyarakat Badung utara dan tengah. Untuk Badung selatan bisa dilayani oleh RS Unud yang tentu akan lebih baik lagi bila Pemkab Badung membangun dari awal,” kata Susrusa.

Lanjut dia, jika Pemkab Badung bisa kerja sama dengan Unud tentu hal tersebut merupakan sinergi yang baik. Terlebih Unud memiliki sumber daya yang telah siap dan mumpuni.

Kesiapan SDM oleh Unud juga dipertegas oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Prof Putu Astawa. Menurutnya, bila Pemkab Badung membutuhkan bantuan dalam rangka penelitian maka Fakultas Kedokteran Unud siap membantu.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, didampingi Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, dan Wabup Badung, Ketut Suiasa, foto bersama dengan Civitas Akademika Unud seusai audiensi
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, didampingi Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, dan Wabup Badung, Ketut Suiasa, foto bersama dengan Civitas Akademika Unud seusai audiensi.

Sementara itu, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, yang didampingi Wabup Badung, Suiasa, dan Sekda Badung, Kompyang Swandika, menyambut baik ajakan kerja sama dari pihak Unud tersebut. Menurutnya, kerja sama tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan. Terlebih dalam kepemimpinannya, ke depan pihaknya konsen untuk mensejahterakan masyarakat,  baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun bidang lainnya.

Khusus untuk pembangunan GOR dan kerja sama pembangunan RS, pihaknya akan memerintahkan Bagian Hukum untuk mengkaji dan membuat draf hukumnya. “Kerja sama Unud dengan Pemkab Badung itu amat sangat bisa, kami akan kaji semua ini dan Bagian Hukum kami akan membuat draf untuk kerja sama,” kata Giri Prasta.

Giri Prasta yang menyambut baik kehadiran Civitas Akademika Unud juga menjelaskan, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) tahun 2017, APBD Badung dirancang sejumlah Rp 4.960.523.583.576,29. Dengan jumlah tersebut anggaran pendidikan dirancang lebih dari 20 persen dengan nilai yang lebih dari Rp 1 triliun.

Selian itu, Giri Prasta juga memaparkan komitmennya dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Bali. (Tim) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com