AYO JALAN-JALAN KE PANTAI BATU BENGKUNG

Pantai Batu Bengkung yang indah
Pantai Batu Bengkung yang indah

PANTAI Batu Bengkung menjadi salah satu alternatif tempat wisata untuk mengisi
akhir pekan dan waktu liburan bersama keluarga, teman, dan kerabat. Selain itu tempat wisata ini juga sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berkemah sambil menikmati indahnya suasana Pantai Batu Bengkung. Pantai ini tergolong tempat wisata baru karena baru dibuka pada Februari 2014 lalu berada di kawasan Perhutani, memiliki luas kurang lebih 10 Ha.
Dinamakan pantai Bengkung karena dari pantai terlihat batu karang super besar yang mirip bengkung (ikat pinggang, bahasa Jawa) yang berbentuk setengah lingkaran di antara dua bukit yang mempertemukan ombak dari arah timur dan barat ketika air laut pasang.
Yang lebih eksotis lagi, bibir pantai semacam dipagari oleh tatanan batu karang, sehingga ombak tidak sampai ke pasir di pantai.
Ketika menuju Pantai Batu Bengkung, setelah melewati pintu loket Anda akan melalui dua pantai kecil. Ketiga area pantai itu saling berhimpitan dan hanya dipisahkan perbukitan karang dan bebatuan. Ketiga area di pantai-pantai
tersebut memiliki keindahan tersendiri dan akan mempesona wisatawan yang datang.
Di lokasi pertama, jika diperhatikan panoramanya terlihat cekungan air laut yang menjorok ke daratan. Sisi kanan dan kirinya dibatasi oleh tebing yang tinggi. Terdapat banyak terumbu karang dengan keanekaragaman flora dan fauna khas laut. Wisatawan bisa bermain air, sungguh merupakan hal yang sangat menyenangkan. Belum lagi pasirnya yang sangat lembut membuat Anda akan betah berlama-lama di sini.
Tidak jauh dari kedua pantai tersebut maka sampailah di Pantai Bengkung yang sebenarnya. Panorama di Pantai Bengkung ini tak kalah indahnya dengan kedua pantai sebelumnya. Di sini pemandangannya sangat indah. Begitupun suasananya masih asri dan bersih. Di Pantai Bengkung kita bisa memandang birunya laut dan tebing karang yang tinggi. Airnya pun berwarna biru bening menyegarkan. Sementara pasir pantainya berwarna putih kecoklatan.
Selain keindahan alamnya, Pantai Bengkung memang menawarkan keunikan tersendiri yang bisa Anda nikmati yaitu adanya kolam alami yang berada di tepi pantai yang bisa digunakan untuk tempat mandi keluarga dan anak-anak. Kolam renang ini terbentuk SECARA ALAMI akibat kuatnya ombak air laut yang menghantam karang penahan ombak sehingga air laut masuk melalui celah-celah penahan karang, terbentuklah sebuah kolam. Hampir semua pengunjung akan berlama-lama berendam menikmati segarnya air laut di kolam ini.
Bagi yang menyukai tantangan, Anda juga dapat memanjat bukit Batu Bengkung. Tapi, Anda harus menjaga keseimbangan dan super hati-hati jika melakukan aktifitas ini karena belum disediakan medan pendakian di bukit karang ini. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan tali tampar yang diikat sebagai alat bantu seadanya menuju puncak. Setelah sampai puncak, Anda akan dimanjakan dengan hamparan lautan lepas yang lengkap dengan deburan ombak yang tinggi. Tak hanya itu, bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset.
Bagi Anda yang tidak punya keberanian memanjat, anda bisa menyaksikan senja di tepian pantai. Ketika golden time tiba, air laut Pantai Batu Bengkung akan surut.
Di manakah lokasi Pantai Batu Bekung ?
Untuk menuju Pantai Batu Bengkung dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam atau 57 Km dari Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jalanan yang Anda lalui memang sangat beragam. Mulai dari jalanan aspal yang halus sampai dengan jalanan kecil yang berliku. Namun, perjalanan melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan yang Anda dapatkan di Pantai Batu Bengkung ini.
Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Malang bisa mengikuti arah menuju Pantai
Sendang Biru. Beberapa kilometer sebelum Pantai Sendang Biru, Anda bisa melalui jalur lintas selatan (JLS) dan mengikuti arah menuju ke Pantai Goa Cina dan Bajulmati.
Semua tempat wisata yang saya sebutkan di atas merupakan Wana Wisata dalam pengelolaan pihak manajeman Perhutani Kabupaten Malang. (Tim) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com