banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Ribuan Undangan Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Ke-3 Gubernur Jatim

629 views


Pakde Karwo dan Bude Karwo saat melaksanakan acara tradisonal “siraman” kepada putri ketiganya, Kartika Ayu Prawitasari, yang akan menikah dengan Bayu Airlangga
Pakde Karwo dan Bude Karwo saat melaksanakan acara tradisonal “siraman” kepada putri ketiganya, Kartika Ayu Prawitasari, yang akan menikah dengan Bayu Airlangga

GUBERNUR Jawa Timur, Dr H Soekarwo SH, menikahkan putri ketiganya, Kartika Ayu Prawitasari, dengan Bayu Airlangga, putra Gede Ariyuda, mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur. Resepsi pernikahannya digelar di Convention Hall Grand City Surabaya. Dalam acara mantu tersebut, Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo mengundang ribuan undangan dengan para tamu istimewa seperti Presiden RI ke-8, Joko Widodo (Jokowi), dan Presiden RI ke-6 dan ke-7, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, kedua negarawan tersebut tak bertemu karena beda waktu kedatangan.

Dari pengamatan FAKTA, Sabtu (19/3, Jokowi datang lebih awal. Jokowi datang bersama Ibu Negara, Iriana Widodo, sekitar pukul 18.45 WIB. Begitu sampai, Jokowi langsung disambut keluarga mempelai yang kemudian mengiringinya masuk melalui pintu VIP. Jokowi tak lama berada di dalam. Setelah bersalaman dan berfoto bersama mempelai, Jokowi segera keluar. Jokowi tak sampai 10 menit berada di dalam. Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu segera naik mobilnya yang sudah menunggu di pintu keluar. Setelah itu, SBY datang sekitar pukul 20.00 WIB. SBY datang bersama istrinya, Ani Yudhoyono, serta anak keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, dan menantu SBY, Annisa Pohan. Mereka segera bersalaman dan berfoto bersama.

Dalam acara tersebut, hadir pula pejabat dan mantan pejabat seperti Kapolri, Badrodin Haiti, Mensos, Khofifah Indar Parawansa, Mantan Plt KPK, Taufiequrachman Ruki, dan yang lainnya.

Terjadi antrean yang luar biasa dalam acara resepsi pernikahan tersebut. Setidaknya setiap tamu undangan harus antre selama lebih dari dua jam untuk bisa menuju ruang resepsi. Penyebabnya adalah hanya ada satu jalan masuk.

Antrean dibuat seperti antrean di wahana permainan, dibuat memutar-mutar. Saking lamanya antrean, tak sedikit tamu undangan perempuan yang mencopot sepatu hak tingginya. Ada pula ibu-ibu yang tak kuat mengantre dan memilih mundur.

Berkali-kali MC acara melalui pengeras suara meminta agar para tamu undangan bersabar karena memang banyak tamu yang datang. “Kami haturkan agar para tamu undangan bisa bersabar karena banyaknya tamu yang datang,” ujar MC berulang kali.

Akad nikah putri ketiga Pakde Karwo itu telah berlangsung pada Jumat (18/3).  Mantan Presiden RI, SBY, dan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala BPN RI, Ferry Mursyidan Baldan, didaulat menjadi saksi pada acara sakral tersebut. Akad nikah digelar di kediaman Pakde Karwo di Jalan Kertajaya Indah, Surabaya. Beberapa tamu undangan yang ikut menyaksikan prosesi akad nikah di antaranya K H Said Aqil Siradj, Ketua PBNU, Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim, Irjen Pol Anton Setiadji, Kapolda Jatim, Mayjen TNI Sumardi, Pangdam V/Brawijaya, serta Abdul Halim Iskandar, Ketua DPRD Propinsi Jatim.

Selain itu juga tampak hadir Moeldoko, mantan Panglima TNI, M Nuh mantan Menteri Pendidikan, Amir Syamsuddin, mantan Menkumham, Marsetio, mantan KSAL, Imam Utomo dan Basofi Sudirman, keduanya mantan Gubernur Jatim.

“Semoga pasangan ini bisa langgeng dan menjadi keluarga yang bahagia,” kata Ferry Mursyidan Baldan.

Pakde Karwo menikahkan putri ketiganya, Kartika Ayu Prawitasari, dengan Bayu Airlangga, putra Gede Ariyuda, mantan Kepala BPN Jawa Timur. Pesta resepsinya dilangsungkan di Grand City pada Sabtu malam (19/3).

Maharnya 100 Gram Emas Mulia

Prosesi akad nikah pasangan ini digelar tertutup. Para tamu undangan yang lain bisa menyaksikan melalui LCD yang disediakan di kediaman Gubernur Jawa Timur. Usai proses ijab kabul dan dinyatakan sah, sejumlah undangan yang hadir langsung bertepuk tangan. Bayu mengaku lega, setelah melangsungkan proses ijab kabul tersebut. “Terimakasih, saya sudah lega sekarang,” kata Bayu usai Ijab kabul, Jumat (18/3).

Sementara itu, mahar yang disiapkan oleh Bayu untuk menikahi Kartika berupa seperangkat alat salat dan 100 gram emas mulia.

Prosesi Siraman

Sebelumnya keluarga besar Pakde Karwo telah menggelar acara tradisional siraman dan sungkeman pada Kamis (17/3). Acara tersebut digelar di kediaman pribadi Pakde Karwo di kawasan Kertajaya Indah Timur, Surabaya.  Prosesi siraman dilakukan tertutup dan hanya disaksikan kerabat dekat serta tamu undangan.

Anom Surahno, Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokol Propinsi Jawa Timur, yang turut hadir dalam prosesi siraman menuturkan, acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB dan menggunakan adat Jawa, Solo. (F.809) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com