banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Peringatan Kanker Payudara Bagi Perempuan Lansia

667 views


Banyak perempuan lanjut usia yang tidak mengetahui sejumlah tanda-tanda awal kanker payudara
Banyak perempuan lanjut usia yang tidak mengetahui sejumlah tanda-tanda awal kanker payudara

BANYAK perempuan lanjut usia tidak mengetahui sejumlah tanda-tanda awal kanker payudara, sebagaimana disebutkan hasil survei Badan Kesehatan Inggris.

Selain benjolan, gejala-gejala kanker payudara lainnya hanya bisa disebutkan 48% responden yang berusia di atas 70 tahun.

Padahal, data menunjukkan sekitar 9.500 perempuan meninggal setiap tahun akibat kanker payudara dan lebih dari setengah dari seluruh pasien berusia di atas 70 tahun.

Ketidaktahuan para perempuan lansia ini menjadi kekhawatiran Badan Kesehatan Inggris. Oleh karena itu, melalui kampanye bertajuk Be Clear on Cancer, badan tersebut mengimbau perempuan lansia segera mengunjungi dokter bila melihat perubahan pada payudara, seperti benjolan atau perubahan pada kulit, puting, atau bentuk payudara.

“Kami ingin perempuan 70 tahun ke atas mengawasi payudara mereka dan menyadari bila ada perubahan, melaporkan gejala-gejala baru, dan tetap ingat bahwa mereka masih rentan kanker payudara,” ujar Jenny Harries dari Badan Kesehatan Inggris.

Sara Hiom, direktur diagnosa awal Pusat Riset Kanker, menekankan bahwa gejala kanker payudara bukan hanya benjolan dan perempuan lansia memiliki risiko tinggi terpapar kanker payudara.

“Dengan diagnosa awal, tanpa melihat usia, biasanya kanker itu bisa dirawat,” tambahnya.

Kanker payudara adalah kanker paling umum yang diidap perempuan Inggris. Setiap tahun sekitar 41.000 perempuan terdiagnosa dengan kanker tersebut. (BBC Indonesia) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com