Pemkab Balangan Berupaya Tingkatkan Akses Jalan

Wabup Balangan, H Syaifullah.
Wabup Balangan, H Syaifullah.

Wabup Syaifullah Berharap Dapat Bantuan Dana Dari APBN Dan APBD Provinsi

Wabup Balangan, H Syaifullah.
Wabup Balangan, H Syaifullah.

INFRASTRUKTUR jalan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh warga di pedesaan, tak terkecuali warga yang ada di perkotaan. Seperti halnya akses jalan yang ada di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), baik di pedesaan maupun di pinggiran perkotaan masih belum seperti yang diharapkan warganya, sehingga harus segera ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

Jalan merupakan salah satu prasarana yang digunakan oleh warga sebagai transportasi untuk melakukan perjalanan dan jalan merupakan satu hal yang penting di mana jalan memiliki fungsi sebagai penghubung antara kawasan yang satu ke kawasan yang lainnya. Juga berfungsi sebagai penghubung dari desa/kelurahan ke pusat kegiatan lainnya, sehingga jalan dibangun atau ditingkatkan untuk membangkitkan manfaat-manfaat bagi masyarakat, seperti membuka isolasi, mempermudah pengiriman sarana produksi ke pasar maupun ke tempat lainnya, baik yang di desa maupun yang di luar, dan meningkatkan jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan dan penyuluhan.

Keberadaan jalan memang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat untuk keperluan mobilitas warga setiap harinya, karena jalan merupakan sarana bagi masyarakat untuk mempermudah akses perekonomian warga, dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari. Sehingga segala aktivitas warga menjadi lebih efektif dan efisien, serta memiliki manfaat yang ekonomis.

Diharapkan agar akses jalan dari desa ke desa lainnya maupun desa ke perkotaan segera ditingkatkan. Pemerintah kabupaten atau pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat harus bisa mengalokasikan dana untuk akses jalan. Ini sangat penting bagi semua warga untuk dapat meningkatkan taraf kehidupan mereka. Karena jalan memudahkan distribusi produk masyarakat seperti karet, sayur-mayur, padi, ikan menjadi lebih mudah membawanya dan biayanya murah sehingga dapat dikatakan jalan bisa menjadi urat nadi perekonomian warga.

Begitu pentingnya kebutuhan akan jalan, membuat masyarakat Kabupaten Balangan menyampaikan aspirasinya melalui Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, agar Pemerintah Kabupaten Balangan maupun Pemerintan Provinsi Kalsel dapat meningkatkan akses jalan di Bumi Sanggam, dan diharapkan aspirasi yang mereka sampaikan mendapat tanggapan, baik dari Pemkab Balangan ataupun Pemprov Kalsel.

Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, mengatakan bahwa saat ini yang paling dibutuhkan oleh masyarakat memang akses jalan terutama untuk jalan-jalan yang ada di pedesaan, begitu pun jalan kabupaten.

Saat ditemui FAKTA di ruang kerjanya, H Syaifullah membenarkan adanya keluhan masyarakat tentang akses jalan yang saat ini masih belum bisa terpenuhi dikarenakan kurangnya anggaran dari pemerintah daerah dan ia berharap bisa mendapatkan dana dari APBN untuk tambahan pembangunan akses jalan yang ada di Kabupaten Balangan karena untuk saat ini anggaran APBD Kabupaten Balangan dalam kondisi yang sangat minim.

Namun, meskipun kondisi APBD Kabupaten Balangan sangat minim, Pemkab Balangan terus berupaya memberikan hal yang terbaik untuk warganya. Misalnya, soal peningkatan akses jalan, Pemkab Balangan terus menjalin komunikasi dengan Kementerian PUPR RI di Jakarta, seperti yang diungkapkan oleh Wabup Balangan, H Syaifullah.

Salah satu proyek pembangunan akses jalan di Kabupaten Balangan.
Salah satu proyek pembangunan akses jalan di Kabupaten Balangan.

Pihaknya selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan semaksimal mungkin menjalin komunikasi dengan Kementerian PUPR RI di Jakarta agar mendapatkan tambahan dana dari APBN untuk mewujudkan pembangunan akses jalan di Kabupaten  Balangan.

Diharapkan, jalinan komunikasi itu tidak hanya dengan Kementerian PUPR RI untuk mendapatkan bantuan guna peningkatkan akses jalan, tapi juga berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Kalsel agar dapat pula memberikan bantuan dananya. Mengingat Kabupaten Balangan merupakan salah satu kabupaten dengan usia masih muda yang ada di Provinsi Kalsel.

Selain berharap dapat bantuan dari dana APBN, ada pula dana alokasi khusus (DAK)  yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan serta penambahan akses-akses jalan dengan prosedur yang benar dan sesuai aturan.

Dikatakannya bahwa DAK yang setiap tahun diturunkan memang namanya bisa berubah-ubah, tapi pada dasarnya semua sama saja untuk pemanfaatannya, cara perumusan tentunya dari PUPR Balangan mengajukan dokumen atau proposal yang sudah dilakukan survei di lapangan lalu diajukan ke Kementerian PUPR bersama dengan kepala daerah agar terjalin silaturrahmi dengan pemerintah pusat.

Selain itu Wabup Syaifullah berharap pembangunan akses jalan di Kabupaten Balangan dapat terealisasi, baik jalan di desa-desa maupun di kabupaten,  sehingga pembangunan akses jalan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Balangan.

“Dalam hal tersebut kita dapat bayangkan betapa perlunya peningkatan akses jalan untuk pedesaan dan kita berharap keinginan masyarakat itu bisa terealisasi sesuai harapan mereka,” ujar Wabup Balangan, H Syaifullah.

Dengan ditingkatkannya pembangunan akses jalan, tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh warga desa, namun juga warga luar yang ingin menuju desa tersebut. Apalagi di desa tersebut ada tempat wisatanya, sehingga bisa menambah pendapatan warga. Dan apabila pembangunan akses jalan pedesaan sudah terealisasi maka akan tercipta pula suasana desa yang aman, damai, dan sejahtera.

Akses jalan yang diperuntukan desa merupakan pembangunan yang sangat diharapkan oleh warga desa baik desa terpencil maupun desa yang berada di sekitar jalan provinsi. Dengan terpenuhinya aspirasi warga yang menginginkan pembangunan akses jalan di Bumi Sanggam dapat ditingkatkan sehingga mempermudah mereka beraktivitas, tentunya akan dapat pula meningkatkan taraf kehidupan mereka, karena jalan dapat dikatakan sebagai urat nadi dari aktivitas mereka sehari-hari. (Tim)