MUAZZIN MENINGGAL DUNIA DI MASJID SEUSAI AZAN PENGANTAR KHUTBAH JUM’AT

725 views


AJAL sungguh merupakan rahasia Allah SWT, sehingga tak seorang pun mengetahui kapan dan di mana dia akan meninggal dunia. Pada hari Jum’at, sekitar pukul 12.45 WIB, 13 Mei 2016, di ruang Masjid Besar Nurul Iman Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, seorang muazzin yang bernama Tgk Abdul Aziz Bin Basyah (45), warga Desa Meunasah Keupok Nibong Kemukiman Datu Nibong, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, meninggal dunia secara tiba-tiba, ketika baru saja usai melaksanakan azan yang ke-2 pengantar khutbah Jum’at.
Begitu selesai melaksanakan azan, Abdul Aziz langsung terduduk, yang hanya terdengar suara,“krreek”, dari kerongkongannya, dan segera seorang jamaah Jum’at, Tgk Zarkasyi, merangkul tubuh Abdul Aziz dan menidurkannya di lantai masjid. Ketika beberapa orang jamaah Jum’at mengetahui benar bahwa Abdul Aziz sudah tidak bernyawa lagi, lantas jasadnya dievakuasi ke ruang Panitia Masjid, sedangkan acara khutbah Jum’at tetap berlanjut terus sebagaimana biasanya.
Tgk Muzakir Ilyas, Khatib Jum’at yang juga mengetahui kalau Muazzin Abdul Aziz telah berpulang ke Rahmatullah, melalui khutbahnya menguraikan alangkah baik dan mulianya seorang muslim yang meninggal dunia pada hari Jum’at, apalagi di dalam masjid ketika sedang dalam keadaan suci. Terlebih lagi baru saja mengumandangkan azan menyebutkan nama Allah serta memanggil orang-orang untuk bersembahyang. Orang yang meninggal dunia pada hari Jum’at tersebut akan bebas dari persoalan malaekat Mungkar dan Nangkir, serta terbebaskan dari azab kubur.
Seusai shalat Jum’at masih di dalam Masjid Nurul Iman Kecamatan Nibong, para jamaah langsung mengadakan tahlilan bersama yang menghadiahkan pahalanya kepada arwah almarhum Abdul Aziz Bin Basyah. Sedangkan jenazah Abdul Aziz dibawa pulang keluarganya. Seusai sholat Ashar, sekitar pukul 16.00 WIB, jenazah almarhum dikebumikan di pemakaman Desa Keupok Nibong. (F.434)
www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com