Daerah  

Kadis Kominfo Batola Berikan Tips Ajarkan Berkomedi Berbahasa Bakumpai

FAKTA – Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Guru Utama Revitalisasi Bahasa Bakumpai di Hotel Harper Banjarmasin Rabu (20/05/2024).

Giat Bimbingan teknis menjadi salah satu tahapan dari rangkaian kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah pada tahun 2024  melibatkan Guru SD, SMP, dan Komunitas dari Kabupaten Barito Kuala (Batola) Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 25 orang.

Sejumlah tokoh terbaik di Kalimantan Selatan yang fasih dalam berbahasa daerah Bakumpai hadir sebagai narasumber yaitu, penulis Puisi Berbahasa Bakumpai Abdurrahman El Husaini, praktik Berpidato Bahasa Bakumpai oleh Basrin, S. Hut. , Pembelajaran menulis Cerpen Berbahasa Bakumpai oleh Budi Kurniawan, pembelajaran Bercerita dalam Bahasa Bakumpai oleh Drs. Setia Budhi, M. Si., Ph.D., serta Pembelajaran Komedi Tunggal Bahasa Bakumpai oleh Hery Sasmita, S.STP., M.AP.

Dalam praktik pembelajaran Komedi Tunggal Berbahasa Bakumpai, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Barito Kuala Hery Sasmita menceritakan tentang dirinya ketika masih remaja. Ia pun mengemasnya menjadi komedi bertajuk pendidikan yang tentunya Berbahasa Bakumpai. Komedinya Hery berhasil membuat para peserta tertawa terbahak-bahak hingga membuat acara semakin meriah.

Sebagai penutup pembelajaran, Hery mengatakan selama 21 tahun menjadi Abdi Negara baru pertama kali untuk menjadi narasumber komedi tunggal Berbahasa Bakumpai. Kemudian Hery pun memberikan tips untuk berkomedi dalam Berbahasa Bakumpai dengan baik.

“Mungkin baru kali ini ada sebuah lembaga yang menyadari bahwa saya itu lucu sebenarnya. Kemudian tips berkomedi yaitu harus percaya diri, mampu berkomunikasi dengan baik, intonasinya harus jelas, jangan terburu-buru dalam mengeluarkana kata-kata, bisa mencari ide cerita atau cerita pengalaman pribadi lucu yang dikemas menjadi komedi,” pungkasnya. (F-913).