Covid-19 Varian Delta Muncul di Merauke, Papua

Majalahfakta.id – Juru bicara Satgas Covid-19  Papua, dr. Silwanus Sumule menyampaikan, Virus Covid-19 varian Delta sudah muncul di Merauke.

Hal ini didapat berdasarkan dari 12 sampel di RSUD Merauke, yang diperiksa di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga : Pemprov Papua Ambil Langkah Tutup Akses Transportasi

Dari hasil 12 sampel yang diperiksa, 10 diantaranya dinyatakan positif Covid-19 varian Delta.  “Memang kemarin malam sudah didapatkan konfirmasi dari Litbangkes, dari 12 sample yang diperiksa di RS Merauke, 10 dinyatakan Positif varian Delta,” kata Sumule di Jayapura.

Dengan ditemukannya varian itu, Sumule meminta agar segera dilaksanakan penerapan protokol kesehatan secara ketat.  “Kita sudah tidak bisa main-main, selama ini kita ragu apakah varian tersebut sudah masuk atau tidak. Hari ini dinyatakan kasusnya sudah ada. Artinya di Papua “telurnya” sudah pecah,” ujarnya.

Sumule meminta, seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit agar mempersiapkan diri. Begitu juga dengan masyarakat sebagai garda terdepan untuk berperan aktif menerapkan protokol kesehatan. Sebab, kata Sumule berdasarkan hasil data menunjukan varian itu tingkatannya tujuh kali lebih ganas.

Baca Juga : Upaya Kemensos RI Pulihkan Ekonomi Rakyat

Terkait ditemukan jenis varian Delta di Papua dan pertama di Merauke, Sumule meminta kepada Polda Papua agar segera melakukan penegakan terhadap prokes. Menurutnya, sekarang ini persoalan prokes dianggap sangat penting untuk diterapkan.

“Dengan demikian, upaya kolaboratif bersama, masyarakat maupun Pemerintah dalam menangani kasus positif bisa secara simultan dilakukan,” pungkas Sumule. (rud/ren)

ADVERTISE

1 min read121 kali dibaca