SMA NEGERI 21 PALEMBANG MENJADI SEKOLAH PERCONTOHAN DI BIDANG KEWIRAUSAHAAN

Kolam tempat pembibitan ikan lele.
Kolam tempat pembibitan ikan lele.
Kolam tempat pembibitan ikan lele.
Kolam tempat pembibitan ikan lele.

DARI sekian banyak sekolah SMA Negeri yang ada di Kota Palembang, salah satu sekolah yang terpilih untuk program kewirausahaan ialah SMA Negeri 21 Palembang. Program kewirausahaan ini diwujudkan agar anak peserta didik dapat mengembangkan kemampuan di bidangnya masing-masing. Adapun kewirausahaan yang dikembangkan ialah di bidang perikanan, pertanian dan perkebunan.

Kewirausahaan berbentuk perusahaan dengan nama CV masing-masing. Setiap kelompok beranggotakan sepuluh orang dan guru pembimbing masing-masing. Terwujudnya program ini tidak terlepas dari program peningkatan mutu di dunia pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Sekolah ini dikepalai oleh Pak Zukarnain MPd yang berprinsip agar SMA Negeri 21 Palembang ke depannya dapat bersaing dengan sekolah unggulan lainnya yang ada di Kota Palembang.

Saat Khairudin dari Majalah FAKTA mengunjungi SMA Negeri 21 Palembang untuk melihat langsung kegiatan kewirausahaan yang ada di sekolah itu, didampingi oleh salah satu guru pembimbing, Pak Edi, melihat langsung semua kegiatan kewirausahaan yang ada di sekolah tersebut. Di antaranya, pembibitan ikan lele dan kolam ikan nila. Ada juga di bidang pertanian seperti penyemaian sayur-sayuran sawi, kacang panjang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempat penyerahan modal kewirausahaan sebelum acara berlangsung di SMA Negeri 21 Palembang.
Tempat penyerahan modal kewirausahaan sebelum acara berlangsung di SMA Negeri 21 Palembang.

Menurut Pak Edi, kegiatan kewirausahaan ini dimulai dari kelas 10 dan dibagi menjadi 36 kelompok perusahaan, masing-masing perusahaan mendapatkan penanaman modal yang bervariasi sesuai dengan kegunaan dan kebutuhannya.

Harapan ke depan, sambung Pak Edi, agar anak-anak peserta didiknya setelah tamat dari SMA Negeri 21 Palembang dapat mandiri dan bermanfaat bagi peserta didik itu sendiri.

Sementara di tempat terpisah, Pak Zulkarnain MPd selaku Kasek SMA Negeri 21 Palembang saat ditemui FAKTA di ruangannya menjelaskan bahwa sekolahnya dipilih untuk menjadi sekolah percontohan di bidang kewirausahaan itu ditunjuk langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumsel dan mendapat bantuan sebesar Rp 100 juta. Selanjutnya dana tersebut dibagikan kepada semua kelompok sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Ke depan harapan kami, pemerintah pusat melalui dinas pendidikan dapat meningkatkan pemberian penanaman modal lagi ke SMA Negeri 21 Palembang ini supaya program kewirausahaan ini berjalan dengan baik,” tuturnya. (F.1004)