Hankam  

Sinergitas Babinsa Koramil 0812/21 Kalitengah, dan Warga Desa Binaan Laksanakan Normalisasi Saluran Irigasi

Babinsa Kodim 0812/21 Koramil Kalitengah , Serka Sahlan dan beberapa Babinsa bersama Masyarakat Desa Kalitengah.

FAKTA – Babinsa merupakan ujung tombak satuan teritorial TNI Angkatan Darat. Berbagai program dan kegiatan senantiasa dilakukan oleh Babinsa untuk bisa meringankan beban warga binaannya. Hal ini sejalan dengan penyampaian Pangdam V Brawijaya beberapa saat lalu bahwa jajaran Babinsa Kodam V Brawijaya harus bisa menjadi solusi terhadap kesulitan yang dihadapi oleh warga binaannya.

Seperti yang dilakukan jajaran Babinsa Kodim 0812/Lamongan dari Koramil 0812/21 Kalitengah, Serka Sahlan dan beberapa Babinsa bersama masyarakat Desa Kalitengah, Kecamatan Kalitengah bergotong-royong melaksanakan pembersihan saluran air guna memperlancar airan air dan mencegah perkembangan nyamuk, Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan karya bakti ini merupakan program dari desa dengan sasaran normalisasi saluran air yang menjadi saluran air pembuangan atau seloka utama di area Desa Kalitengah Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Di lokasi kerja bakti, terlihat Babinsa Desa Kalitengah, Serka Sahlan beserta beberapa Babinsa bahu membahu dengan warga. Dirinya menuturkan bahwa Babinsa akan selalu hadir di tengah Warga karena itu merupakan salah satu tugas dan tanggungjawabnya.

“Kami selaku Babinsa, akan selalu hadir di tengah Warga guna membantu dan memberi motivasi kepada Masyarakat,apalagi dalam kegiatan kerja bakti seperti ini. Ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh pemerintah Desa untuk menertibkan dan merapikan lingkungan,” tuturnya.

Sementara,menurut salah satu warga Desa Kalitengah yang juga ikut serta melaksanakan kerja bakti, Sumijo mengatakan bahwasannya normalisasi saluran air ini perlu dilakukan untuk memutus perkembangan nyamuk, terutama nyamuk Aedes Aegypti.

“Alhamdulillah semua tidak ada kendala dan hari ini kita bisa mengerjakan kegiatan ini dengan dibantu oleh Babinsa kami. Tentunya ini akan sangat penting untuk kebersihan lingkungan yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat,” ujarnya. (Ari)