Daerah  

Sekda Badung Adi Arnawa Hadiri Pemelaspasan Merajan Ageng Sri Karang Buncing

Sekda Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Pemelaspasan Pura dan Merajan Paibon Ageng Karang Buncing, Banjar Sigaran, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (25/5/2024).

FAKTA – Bertepatan dengan Rahina Saniscara Paing, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung l Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati menghadiri Karya Pemelaspasan Pura dan Merajan Paibon Ageng Karang Buncing Banjar Sigaran Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, Badung, Sabtu (25/5/2024). Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Istri Ngurah Griya Gede Kutri dan Ida Pedanda Istri Jelantik Gianyar dari Geria Gede Batuan Sukawati dan dihadiri oleh Perbekel Desa Mekar Bhuwana l Wayan Wingarta, Kelihan adat Sigaran l Wayan Artana dan Pengempon Pura.

Sebagai bentuk komitmen dan perhatian dari Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana hibah anggaran perubahan 2023 secara simbolis sebesar Rp1,6 miliar dan diterima Ketua Panitia Karya l Ketut Ugir disaksikan langsung oleh seluruh karma.

Dalam sambrama wacananya, Sekda Adi Arnawa mengatakan dirinya merasa bersyukur bisa hadir menyaksikan langsung pelaksanaan karya Pemelaspasan dan mengajak semua warga untuk selalu Ngastiti Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar upacara Pemelaspas bisa berjalan dengan lancar dan rahayu.

“Saya hadir mewakili Bupati Badung, Bapak Nyoman Giri Prasta dalam pelaksanaan karya Pemelaspasan di Pura dan Merajan Paibon Ageng Karang Buncing. Saya merasa bersyukur bisa hadir dan sangat mengapresiasi daripada kegiatan ini. Persembahan yadnya ini merupakan bagian dari wujud sembah bakti dan rasa syukur kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, semoga dengan adanya Yadnya ini, kita semua selalu diberikan kesehatan dan kerahayuan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia l Ketut Ugir menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sekda Adi Arnawa yang telah hadir serta sudah ikut mendoakan karya pemelaspas Pura ini serta Pemkab Badung yang sudah membantu perbaikan pembangunan Pura dan Merajan Paibon Ageng Karang Buncing tersebut.

“Dengan bantuan dana sebesar Rp1,6 miliar dari Pemkab Badung, kami gunakan untuk membangun, mulai dari membangun tembok penyengker, Piasan, Pelinggih Ibu, Pepelik, Taksu, Betara Hyang Guru, Betara Sri, Gedong Sari, Meres, Munjung, Lepitan, Menjang Luang, Jero Gede, Tetapan, Padma serta tiga bangunan Candi Bentar. Untuk dana upakara kami menghabiskan dana sebanyak Rp. 150 juta yang bersumber dari dana swadaya kami sebagai pengempon Pura,” lapornya.

Ditambahkan, pengempon Pura dan Merajan Paibon Ageng Karang Buncing berjumlah 79 KK. Sebelumnya juga sudah dilaksanakan upacara mulai dari upakara Nasarin tanggal 22 Mei 2024, Mecaru, Mupuk Pedagingan, ke Beji Ratu Dalem Adat Sigaran dan Upakara Ayaban Bebangkit Kali yang dipuput oleh Ida Ratu Pedanda Istri Ngurah dari Griya Gede Kutri Gianyar. (hms)