Semua  

POLISI BERHASIL MENGAMANKAN TERDUGA PELAKU CURANMOR DI KAMPUNG TOLADAN SENTANI JAYAPURA

HI alias YT
HI alias YT
HI alias YT
HI alias YT

PADA hari Kamis, tanggal 12 Oktober 2017, pukul 12.00 Wit, bertempat di Jalan Ifar Gunung, Kampung Toladan, Sentani, Kabupaten Jayapura, telah diamankan 1 (satu) orang terduga pelaku curanmor beserta barang bukti 1 (satu) unit sepeda motor (SPM) yang diduga hasil curanmor oleh Tim Paniki Polsek Sentani Kota dan Tim Cakra Polres Jayapura.

Penangkapan berawal ketika terduga pelaku berinisial HI alias YT (23) yang sudah terlebih dahulu diamankan oleh warga sekitar Jalan Ifar Gunung, Kampung Toladan, Sentani, Kabupaten Jayapura, yang pada saat itu sedang melaksanakan jaga malam di Pos Kamling di Jalan Ifar Gunung, Kampung Toladan, Sentani. Selanjutnya salah satu warga kampung Toladan bernama Rein Yoku menelepon Kepala Tim Paniki Polsek Sentani Kota, Aipda Agus Patang, dan memberitahu bahwa ada masyarakat pegunungan yang diamankan oleh warga yang diduga pelaku curanmor beserta barang bukti 1 (satu) unit SPM yang diduga hasil curanmor.

Mendapat laporan tersebut, Tim Paniki Polsek Sentani Kota dan Tim Cakra Polres Jayapura yang saat itu sedang melaksanakan patroli di seputaran Jalan Raya Sentani langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Sesampainya di TKP, Tim Paniki Polsek Sentani Kota dan Tim Cakra Polres Jayapura selanjutnya mengamankan pelaku dan barang bukti lalu dibawa ke Mapolsek Sentani Kota guna dilakukan pengembangan kasus.

Barang bukti SPM yang diamankan di Mapolsek Sentani Kota.
Barang bukti SPM yang diamankan di Mapolsek Sentani Kota.

Setelah dilakukan interogasi didapat hasil bahwa terduga pelaku curanmor HI alias YT mendapatkan SPM tersebut dari temannya yang masih dalam penyelidikan dan sama-sama masyarakat gunung yang tinggal di Perumnas III Waena, Distrik Heram, Kabupaten Jayapura, dengan ciri-ciri tinggi sekitar 160 cm, gigi bagian depan patah dan berumur sekitar 30 tahun.

HI alias YT juga mengaku bahwa pada waktu terduga ingin membeli SPM tersebut, terduga sedang duduk-duduk di pangkalan ojek mata Jalan Ifar Gunung, kemudian datang temannya yang identitasnya masih dalam lidik langsung menawarkan SPM jenis Suzuki Satria FU 150 cc, warna hitam yang sebagian besar bodi motornya sudah dilepas, tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) kepadanya dengan harga Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah). SPM tersebut juga tidak dilengkapi dengan surat-surat dan kunci kontak. Terduga membeli motor tersebut untuk keperluan bepergian sehari-hari.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap SPM yang diamankan di Mapolsek Sentani Kota, diketahui bahwa pemiliknya adalah Sopiah dengan alamat Jalan Durian III RT 01, RW 09, Koya Timur, Distrik Muara Tami, Kabupaten Jayapura. (Rilis)