Danramil 0825/01 Banyuwangi Melalui Serma Rahmat Hidayat Pimpin Giat Karya Bakti Bedah RTLH

FAKTA – Komandan Rayon Militer (Danramil) 0825/01 Banyuwangi melalui Serma Rahmat Hidayat, memimpin pelaksanaan Kegiatan Karya Bakti Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik salah satu warga kelurahan Kampung Melayu.

Kegiatan Karya Bakti tersebut dalam rangka fungsi Kontrol pelaksanaan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Bersama anggota Koramil 0825/01 dan Tim Rescue PC 1325 GM FKPPI Banyuwangi serta masyarakat sekitar bergotong royong membantu mengeluarkan barang-barang dari dalam rumah milik Bapak Junaidi yang berlokasi di Jalan Banterang, RT 001 RW 001, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. pada Selasa (18/06/2024) pagi.

Serma Rahmat Hidayat, meninjau secara langsung proses pekerjaan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta memberikan dukungan moril dan motivasi kepada Babinsa dan masyarakat yang sedang bergotong royong.

“Kegiatan bedah rumah ini, dalam rangka sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu warga kurang mampu supaya memiliki rumah yang layak menjadi tempat tinggalnya,” ungkap Serma Rahmat Hidayat. Selasa (18/06/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa program bedah rumah ini dalam rangka mengimplementasikan Arahan Dandim 0825/Banyuwangi dan Danrem 083/Baladika Jaya, sekaligus merupakan program unggulan dari Bapak KASAD tentang RTLH. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari Program Babinsa masuk dapur warga, khususnya kepada masyarakat tidak mampu.

“Alhamdulillah, hari ini saya mewakili Danramil 0825/01 turun dilapangan untuk melihat langsung dan mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi anggota dan warga dalam melaksanakan pengerjaan Program RTLH ini, sekaligus untuk memberikan motivasi bagi anggota dan masyarakat. Semoga momen ini menjadi Hadiah untuk Bapak Junaidi dapat memiliki Rumah yang layak lebih layak,” jelasnya.

Ditambahkan perwakilan PC 1325 GM FKPPI Banyuwangi yang tergabung dalam TIM RESCUE GM FKPPI yang di Komando langsung oleh Candra Yulianto, menyebut ia bersama Tim melakukan pemantauan dan meninjau langsung dilokasi pelaksanaan Program RTLH, juga bergotong royong membantu aktifitas pemindahan barang-barang. Rasa Haru dan tidak percaya menyelimuti relung hati anggota GM FKPPI yang hadir dilokasi.

“Bapak tentara ini seperti malaikat, yang dikirim tuhan untuk mengantarkan rezeki. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI dan para warga yang turut serta bergotong royong,” ujar Candra Yulianto dengan penuh haru.

Sementara Lurah Kampung Melayu, Aris Krisnu Faridi.SE menyampaikan Terima kasih kepada Kodim 0825/Banyuwangi atas Program Bedah Rumah yang diberikan kepada warganya. Memang kalau dilihat dari bangunan rumah sudah tidak layak, terlebih pemilih rumah keduanya merupakan warga yang dalam 1 rumah berkebutuhan khusus yaitu Disabilitas ( Tuna Wicara dan Rungu )

“Terima kasih kepada temen-temen GM FKPPI Banyuwangi secara sukarela membantu, mulai dari pengkondisian lahan dan data warga penerima bantuan. Terlebih GM FKPPI memiliki program kesosialan dan ini sangat positif,” kata Aris Krisnu Faridi, Lurah Kampung Melayu.

Sedangkan untuk pelaksanaan, akan dikerjakan maksimal selama 15 hari dan kami akan percepat pengerjaannya 7-10 hari sudah bisa selesai.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa terus berkelanjutan karena sangat dibutuhkan masyarakat. Kami akan mendukung dan bekerjasama dengan semua pihak, yang penting positif,” harapnya.

Ishaqul Hauri selaku Ketua RT.001 RW 001 Lingkungan Jajang Penatu, Kelurahan kampung Melayu mangatakan, Saya sangat bangga sekali karena program ini sangat membantu masyarakat kurang mampu, dan berharap program seperti ini bisa berkelanjutan dan tepat sasaran.

“Sebelumnya saya telah berkoordinasi dengan pak Lurah, ditambah dukungan dari teman-teman GM FKKPI Banyuwangi,” ucap Ketua RT, Ishaqul Hauri.

Terkait pembongkaran rumah, kami bersama warga sudah berkoordinasi dan menyiapkan tempat buat tinggal sementara dan layak.

“Saya berharap semoga kegiatan ini bisa terus berjalan dan merata untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya.(prm)

(Sumber : Humas GM FKPPI Banyuwangi).