Semua  

648 Caleg Sidoarjo Berebut 50 kursi

MENJADI wakil rakyat masih jadi idola. Ada 650 orang yang daftar dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Sidoarjo, namun yang lolos  648 sedangkan 2 orang dinyatakan tidak lolos. Dua bakal calon legislatif (bacaleg) yang tercoret dari proses ini adalah dari PAN dan PPP. Itulah kata Ketua KPU Sidoarjo, Zaenal Abidin, Kamis (20/9). Tidak disebutkan siapa dua bacaleg yang gugur itu. Namun, yang jelas, satu orang mengundurkan diri dan satunya TMS (tidak memenuhi syarat).

Diuraikannya, dari 16 partai politik (parpol) peserta Pileg 2019, hanya ada 5 parpol yang meloloskan 50 caleg dari total enam daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Sidoarjo. Kuota maksimal itu hanya diisi oleh Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Partai Persatuan Indonesia (PPI) dan Partai Demokrat.

Setelah penetapan DCT, KPU akan memanggil masing-masing Liaison Officer (LO) parpol untuk mengklarifikasi nama serta gelar calegnya yang tercantum dalam kertas DCT yang nantinya digunakan saat pencoblosan. Kepada para LO juga diminta untuk meneruskan kepada parpol masing-masing agar segera menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) partai dengan pembuktian rekening bank. Batas waktu penyerahan laporan ini tanggal 23 September 2018. “Jika tidak menyerahkan, parpol yang bersangkutan akan didiskualifikasi keikutsertaannya dalam pemilu di Kabupaten Sidoarjo,” tandasnya. (solik)