SDN Labuhan I, Sereseh, Sampang Gelar Perpisahan Bertema Purnawiyata dan Gelar Karya, Tampilkan Kerajinan Tangan Siswa

Sejumlah karya siswa ditampilkan pada kegiatan perpisahan Purnawiyata dan Gelar Karya

SDN Labuhan I di Kecamatan Sereseh, Kabupaten Sampang mengadakan acara perpisahan yang dihiasi dengan tema Purnawiyata dan Gelar Karya, Sabtu (22/6/2024). Dalam acara yang berlangsung di halaman SDN Labuhan I, sejumlah karya kerajinan tangan hasil siswa-siswi dipamerkan kepada para pengunjung.

Kepala Sekolah SDN Labuhan I, Mahfud, dalam sambutannya pada acara purna siswa ini, menekankan pentingnya kerja sama antara sekolah, komite, dan masyarakat untuk mendukung pendidikan anak-anak di SDN Labuhan I.

Salah satu murid yang turut berpartisipasi dalam acara perpisahan ini adalah Oktavia Dwi Purwaningsih, dari SDN Labuhan I, Kecamatan Sereseh, Kabupaten Sampang. Oktavia memamerkan karya kerajinan tangan uniknya yang dibuat dari bahan hasil-hasil laut seperti cangkang kerang, tulang ikan, rumput laut, dan mutiara. Karya-karya Oktavia berupa hiasan dinding, asesori, dan mainan, yang terinspirasi dari kekayaan hayati laut Indonesia.

Tujuan utama Oktavia dalam menciptakan karyanya adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan mengubah limbah laut menjadi barang bernilai ekonomi. Ia bekerja sama dengan pengerajin lokal dalam mengolah limbah hasil laut untuk menciptakan karya-karyanya, yang sudah berhasil dipasarkan.

“Dengan menggunakan bahan baku hasil laut, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian laut,” ujar Oktavia seperti yang dikutip majalah FAKTA.

Acara pelepasan siswa ini diramaikan dengan beragam kegiatan seperti aksi, tari samman, tari kreasi modern, pembacaan puisi, pembacaan Tartil Qur’an, dan selawat. Hadir dalam acara prosesi penyerahan siswa-siswi sebanyak 43 orang ini adalah Holiq (Kepala Korbidikcam Sreseh), H. Rosidi (Ketua Komite Sekolah), Muspika, Kades Labuhan, serta seluruh wali murid yang turut memeriahkan acara tersebut. (Sholeh)