Pukul Jepang 5-2, AS Juara Dunia Sepakbola Perempuan

Jumlah gol di final Piala Dunia perempuan 2015 menyamai jumlah gol terbanyak final Piala Dunia pria
Jumlah gol di final Piala Dunia perempuan 2015 menyamai jumlah gol terbanyak final Piala Dunia pria

AMERIKA menjadi negara pertama yang tiga kali menjadi juara dunia sepakbola perempuan setelah di final Piala Dunia 2015 di Kanada, mengalahkan juara bertahan, Jepang, 5-2.

Presiden Barack Obama menyambut kemenangan itu dengan twit lewat akunnya @POTUS, seraya mengundang mereka ke Gedung Putih.

Gelandang Carli Lloyd mencetak hat-trick yang menakjubkan dalam tempo 13 menit untuk menebus kekalahan AS dari Jepang dalam final sebelumnya.

Di final Piala Dunia 2011, Jepang mengalahkan AS lewat adu penalti, untuk merebut gelar Juara Dunia. Kali ini kesebelasan perempuan Jepang tak berdaya di hadapan lawan yang lebih cepat dan lebih kuat, dan langsung tertinggal 0-4, saat Carli Lloyd mencetak gol ketiganya di menit ke 16 dengan tendangan menakjubkan dari garis tengah lapangan.

Carli Lloyd sebelumnya mencetak dua gol di lima menit pertama untuk membawa Juara Dunia 1991 dan 1999 itu unggul 2-0.

Lauren Holiday menambah keunggulan AS menjadi 3-0 lewat tendangan voli, memanfaatkan bola liar dari sundulan Azusa Iwashimizu.

Tim AS sudah unggul 4-0 atas Jepang di menit ke 16 dan 5-2 di menit ke 54
Tim AS sudah unggul 4-0 atas Jepang di menit ke 16 dan 5-2 di menit ke 54

Stadion BC Place, Vancouver, Kanada, meledak ketika Carli Lloyd merebut bola di daerah Jepang, menggoceknya dan setelah meloloskan diri dari hadangan pemain-pemain Jepang, ia memasuki garis tengah lapangan dan tanpa diduga melepaskan tendangan lob. Kiper Jepang Ayumi Kaihori berusaha kembali ke gawangnya, sempat menyentuh bola, namun tak kuasa menepisnya lebih jauh. Bola bersarang, dan AS pun unggul 4-0.

Jepang memperoleh harapan lewat gol Yuki Ogimi dan gol bunuh diri Julie Johnston membuat kedudukan 2-4. Namun Tobin Heath mencetak gol lagi untuk menjadikan kedudukan 5-2 di menit ke 54, yang bertahan hingga peliut terakhir ditiup wasit.

Pendukung AS yang merupakan bagian terbesar dari 53.341 penonton di BC Place meledak dalam perayaan saat trofi Piala Dunia diserahkan kepada bekas kapten Christie Rampone dan Abby Wambach yang akan pensiun.

Pertandingan final ini mencatat skor tertinggi dalam sejarah turnamen, menyamai rekor jumlah gol final Piala Dunia pria tahun 1958, saat Brasil meraih gelar pertama dengan mengalahkan Swedia 5-2 di final yang melejitkan nama Pele.

Hat-trick Lloyd menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak bersama pemain Jerman Celia Sasic, dengan lima gol. Lloyd juga mendapat sepatu emas sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2015 ini.

Amerika Serikat juga mencatatkan diri sebagai tim yang paling banyak mencetak gol di Piala Dunia, dengan 112 gol, di atas tim Jerman dengan 111 gol. (BBC Indonesia) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com