banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Pemkab Balangan Asuransikan 1.100 Hektar Sawah, Galakkan Gerakan Pengendalian Hama Terpadu

488 views


Ir Tuhalus, Kepala Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan
Ir Tuhalus, Kepala Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan

PEMERINTAH Kabupaten Balangan telah mengasuransikan areal sawah seluas 1.100 hektar yang ada di Bumi Sanggam. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kerugian para petani jika mengalami gagal panen. Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Perrtanian Tanaman Pangan Hortilkoltura, Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus, bahwa pada tahun 2016 pihaknya mengasuransikan 1.100 hektar lahan pertanian dari 32.000 hektar areal persawahan yang ada di Balangan. Luasan 1.100 hektar ini sesuai dengan ploting dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Pengasurasian lahan pertanian ini masuk dalam program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), dengan besaran biaya asuransi Rp 180.000,- per hektarnya, dengan rincian Rp 144.000,- ditanggung pemerintah dan sisanya Rp 36.000,- dibebankan kepada petani pemilik lahan.
Menurut Kepala PTPHPP Balangan, Ir Tuhalus, asuransi pertanian ini sangat bermanfaat bagi petani, mengingat dana pertanggungannya Rp 6 juta per hektar. Keberadaan asuransi ini, lanjut Tuhalus, akan sangat bermanfaat bagi para petani jika mengalami gagal panen, karena kerugian petani yang mengalami gagal panen akan lebih sedikit dengan adanya asuransi ini.
Asuransi ini merupakan penjamin penggantian kerugian bagi para petani jika mengalami gagal panen yang disebabkan hama penyakit, banjir dan kekeringan.
Pemkab Balangan melalui Dinas PTPHPP dalam hal membantu petani, tidak hanya mengasuransikan lahan pertanian untuk mengurangi resiko kerugian petani jika mengalami gagal panen, tapi juga memberikan Pelatihan Penanganan Pestisida. Pelatihan penanganan pestisida untuk mendukung program swasembada pangan nasional dan realisasi target luas tanam 4.190 hektar dan produksi gabah sebanyak 1.007 ton yang dibebankan. Pemkab Balangan terus melakukan berbagai upaya untuk memenuhinya. Salah satunya adalah melakukan penanganan hama dan penyakit tanaman secara terpadu.
Kepala Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus, di sela-sela acara Pelatihan Penanganan Pestisida mengatakan perlunya menggalakkan pengendalian hama dan penyakit secara terpadu. Pada pelatihan yang diikuti oleh kelompok tani ini juga dilaksanakan pembukaan klinik perlindungan dan kesehatan tanaman sekaligus penyerahan polis asuransi usaha tani padi (AUTP) dan bantuan pestisida.
Menurut Tuhalus, semua upaya Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan merupakan bagian dari upaya untuk mensukseskan swasembada pangan di Balangan yang harus didukung oleh seluruh stakeholder terkait, khususnya para petani.
“Tanpa dukungan para petani, khususnya melalui pemberantasan hama secara efektif, maka apa yang ditargetkan bisa tidak tercapai,” ungkapnya.
Untuk itu, Tuhalus berharap adanya peran serta seluruh petani, penyuluh dan stakeholder terkait, untuk secara bersama-sama mewujudkan swasembada pangan.
“Mari kita wujudkan swasembada pangan demi kesejahteraan kita bersama-sama, khususnya bagi para petani,” ujar Kepala Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus. (Tim) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com