banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Ilmuwan Temukan Implan Penghalang Sel Kanker

664 views


Implan ini berhasil diujicobakan pada tikus yang mengalami kanker payudara
Implan ini berhasil diujicobakan pada tikus yang mengalami kanker payudara

ILMUWAN asal Amerika Serikat berhasil mengembangkan implan mirip spons yang bisa ‘menyapu’ sel kanker seiring gerakan mereka di dalam tubuh penderita.

Uji coba sudah dilakukan pada tikus, dan diharapkan bisa berfungsi sebagai pendeteksi dini kanker untuk memberi peringatan kepada dokter.

Implan ini juga berfungsi mencegah sel kanker ganas mencapai area lain dalam tubuh yang bisa menimbulkan tumor baru.

Penemuan ini diterbitkan di jurnal Nature Communications.

Lembaga pegiat kanker, Cancer Research UK, mengatakan sembilan dari sepuluh kematian akibat kanker disebabkan penyebaran penyakit tersebut ke area lain tubuh.

‘Biomaterial’

Alat biomaterial berukuran 5 mm ini telah disetujui sebagai alat medis, dan sudah diujicobakan pada tikus yang mengalami kanker payudara.

Percobaan memperlihatkan penanaman alat pada lemak perut atau di bawah kulit menghisap sel kanker yang mulai beredar di dalam tubuh.

Kepala peneliti, Prof Lonnie Shea, dari Departmen Biomedical Engineering University of Michigan, mengatakan mereka merencanakan untuk segera melakukan percobaan klinis pertama pada manusia.

Ia berkata timnya terus menguji coba hewan untuk melihat apa yang terjadi pada hasil secara keseluruhan jika kanker dideteksi pada tahap awal – sesuatu yang belum dipahami sepenuhnya.

Lucy Holmes, manajer sains pada Cancer Research UK, mengatakan bahwa riset kanker perlu segera memahami cara menghentikan kanker pada saat perkembangan awalnya.

Ia menyatakan gembira percobaan berhasil pada tikus dan berharap alat ini segera memainkan peran “menghentikan kanker tersebar dalam tubuh pasien”. (BBC Indonesia) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com