Semua  

MADIUN MENUJU KOTA EKONOMI KREATIF, PRODUKTIF DAN INOVATIF

Saat berlangsung Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat (LCCK KIM) di halaman kantor Kecamatan Taman
Saat berlangsung Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat (LCCK KIM) di halaman kantor Kecamatan Taman

MEDIA internet yang mampu menembus batas ruang dan waktu merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mereka dinilai sudah saatnya memanfaatkan dunia maya untuk mempromosikan produknya.
Menurut Walikota Madiun, Bambang Irianto (BI), transaksi perdagangan online dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut menunjukkan bahwa media internet kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Karena itu pihaknya terus mendorong pelaku UMKM memanfaatkan dunia maya. Termasuk menyiapkan telecenter Madumongso untuk menggelar pelatihan penggunaan internet, termasuk pembuatan blog.
“Kalau produknya diunggah ke blog dengan kemasan dan model yang menarik pasti bisa go international. Masyarakat dunia akan melihatnya,’’ terang Walikota Bambang Irianto (BI) usai menyerahkan hadiah pemenang Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat (LCCK KIM) di halaman kantor Kecamatan Taman (14/4).
“Tergantung mereka mau belajar atau tidak. Jika mau belajar, internet itu bisa menghasilkan rupiah yang tidak terhingga. Sekarang belanja apa saja bisa lewat handphone. Kecanggihan ini harus dimanfaatkan betul,’’ paparnya.
Walikota juga mengapresiasi 27 KIM yang sudah mengelola blog dengan baik. Pun menyampaikan informasi terkait capaian dan berbagai program kerja pemkot. Termasuk Kartu Madiun Sehat dan Kartu Madiun Pintar. ‘’Harus terus ditingkatkan,’’ pintanya.
Sementara hasil seleksi Administrasi dan Blog yang diselenggarakan di Gedung Kecamatan Kartoharjo dari 27 KIM yang hadir cuma 22 KIM se-Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Yang akhirnya masuk 5 (lima) besar adalah KIM Demangan, KIM Kejuron, KIM Kanigoro, KIM Nambangan Kidul dan KIM Winongo.
Dengan banyaknya pengalaman dan kegigihan KIM Citra Taruna Kenanga Kelurahan Winongo akhirnya tak terbendung untuk meraih trofi juara I LCCK KIM 2016 yang diselenggarakan di halaman Kecamatan Taman Kota Madiun. Kemenangan mereka tidak terlepas dari apiknya pengelolaan blog. Juri juga dibuat terpukau saat mereka menampilkan pertunjukan rakyat mengusung tema pengelolaan sampah yang dapat menghasilkan duit berlipat.
Sedangkan KIM Pasopati Kelurahan Madiun Lor, KIM Srikandi Kelurahan Nambangan Lor, serta KIM lainnya diharapkan segera untuk berkreasi dan berinovasi baik di Administrasi maupun di Blog sehingga di tahun yang akan datang bisa meraih trofi juara baik tingkat kota ataupun propinsi.
“Harapan kami KIM ini tidak sekedar mencari juara namun juga memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM sehingga mereka bisa secara mandiri memasarkan produknya dengan memanfaatkan teknologi,’’ kata ketua tim juri, Agnes Ardani. (F.976) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com