Daerah  

Kapolresta Dampingi Kapolda Papua Serahkan Hewan Kurban di Beberapa Masjid di Kota Jayapura

FAKTA – Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK, M.H., M.Si, mendampingi Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, dalam penyerahan hewan kurban di beberapa masjid di Kota Jayapura menyongsong Iduladha 1445 H/ /2024 M.

Kegiatan ini dilakukan selain sebagai bagian dari program cooling system guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 juga giat seperti ini setiap tahun dilaksanakan jelang Hari Keagamaan guna mempererat silaturahmi.

Penyerahan hewan kurban ini dilakukan di beberapa masjid utama di Kota Jayapura, yang dimulai dari Masjid Iain Fatahul Muluk Buper Waena, Masjid As – Salwah Waena, Masjid Jamiatul Muslimin Padang Bulan, Masjid At-Taqwa Padang Bulan, Masjid Agung Ash – Shalihin Abepura, Masjid Al-Ittihad Entrop, Sabtu (15/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Papua dan Kapolresta Jayapura Kota berinteraksi langsung dengan para jemaah, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan pentingnya menjaga persatuan di tengah dinamika politik yang semakin memanas.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga kedamaian dan ketertiban di tengah masyarakat. Menjelang Pilkada 2024, stabilitas keamanan menjadi prioritas utama kita semua,” ujar Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.

Kapolda Papua juga menambahkan silaturahmi dan kegiatan keagamaan seperti ini sangat penting untuk memperkuat hubungan antara Kepolisian dan masyarakat.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama di masa-masa penting seperti ini,” ungkap Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kegiatan penyerahan hewan kurban ini mendapat sambutan positif dari pengurus Masjid maupun jamaah yang dikunjungi. Mereka mengapresiasi kepedulian dan kehadiran aparat Kepolisian dalam mendukung dan menjaga ketertiban serta keamanan lingkungan.

Dengan adanya program cooling system ini, diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis di tengah masyarakat Kota Jayapura menjelang Pilkada 2024, serta meningkatkan kepercayaan dan kerja sama antara masyarakat dan pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas. (*/jon)