banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

FORUM SKPD BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT & PEMERINTAHAN DESA KABUPATEN NGAWI TAHUN 2016

483 views


FORUM SKPD
FORUM SKPD

FORUM SKPD merupakan wadah bersama antarpelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan SKPD atau gabungan SKPD sebagai upaya mengisi Rencana Kerja SKPD yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh SKPD terkait.

Forum SKPD Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ngawi tahun 2016 dilaksanakan hari Kamis (25/2/2016) di Gedung Pertemuan Notosuman Ngawi. Undangan yang hadir adalah Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar ST MH, anggota DPRD Kabupaten Ngawi, utusan kecamatan yaitu Kasi Pemerintahan dari 19 kecamatan se-Kabupaten Ngawi, SKPD yang terkait dan wakil kelompok masyarakat (yang berkududukan dan beroperasi di Kabupaten Ngawi yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD BPMPD).

Kepala BPMPD Kabupaten Ngawi, Drs Mokh Sodiq Triwidiyanto MSi, menjelaskan, tujuan Forum SKPD ini agar ada sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan dari 19 kecamatan se-Kabupaten Ngawi dan rencana kerja BPMPD. Dimuatnya prioritas kegiatan kecamatan dalam rencana kerja BPMPD dan dapat disesuaikannya prioritas Rencana Kerja BPMPD dengan Pagu Dana BPMPD yang termuat dalam Rencana Kerja Pemkab Ngawi.

Dokumen untuk pelaksanaan Forum SKPD BPMPD terdiri dari daftar kegiatan prioritas dari Renstra APBD; Rancangan Rencana Jangka Panjang BPMPD; prioritas dan plafon dana indikatif dari BPMPD dan daftar prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan adanya daftar prioritas kecamatan/Renstra Kecamatan se-Kabupaten Ngawi hasil perencanaan partisipasi yang telah dilakukan melalui penggalian gagasan, musyawarah desa dan musyawarah antardesa, maka diharapkan rencana kerja masyarakat tersebut menjadi prioritas utama untuk disinkronkan dalam Rencana Jangka Panjang (Renja) BPMPD. Renja BPMPD Kabupaten Ngawi yang telah memuat usulan masyarakat selanjutnya menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dalam Musrenbang Kabupaten Ngawi yang akan dilaksanakan bulan Maret 2016 yang juga dihadiri oleh utusan kecamatan.

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar, yang hadir dalam Forum SKPD BPMPD memberikan pesan, Forum  SKPD BPMPD Kabupaten Ngawi yang dilaksanakan hari ini hendaknya menghasilkan usulan yang telah ditetapkan dalam dokumen renstra/prioritas kegiatan kecamatan yang akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten Ngawi bulan Maret 2016 dan semua usulan dapat terealisasi di tahun 2016. (F.968) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com