banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

BEASISWA BUPATI BADUNG PERAIH UN TERTINGGI RP 25 JUTA

556 views


ATMOSFIR dunia pendidikan di Kabupaten Badung, Bali, pada 2014 ini menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Indikatornya ditunjukkan oleh prestasi siswa pelajar di Badung pada ujian nasional tahun ini. Dua di antaranya mendapat nilai UN tertinggi tingkat SMP se-Provinsi Bali dengan nilai 39,40. Mereka adalah Luh Ayu Nanamy KES dan Muhammad Iqbal Galih Widiyana, yang atas prestasinya itu mendapat reward siswa berprestasi dari Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung, berupa uang masing-masing senilai Rp 25 juta.

Menurut Bupati Gde Agung, keberhasilan atau cerminan pendidikan yang mengalami kemajuan ini tidak saja karena berhasil mengantarkan kelulusan Ujian Nasional (UN) 100%. Bahkan di Badung saat ini sudah mampu melahirkan anak didik yang berprestasi dengan nilai UN tertinggi Tingkat Provinsi Bali dengan nilai UN 39,40. “Adanya anak berprestasi ini menjadi bukti bahwa komitmen Pemkab Badung dengan dukungan penuh dari Dewan telah menunjukkan hasil yang cukup membanggakan,” ungkap Gde Agung, saat menyerahkan beasiswa sebesar Rp 25 juta kepada masing-masing siswa peraih nilai UN tertinggi tingkat SMP di Provinsi Bali itu di ruang tamu Bupati Puspem Badung, dihadiri Ketut Widya Astika, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung, Kepala SMPN 1 Kuta, I Gst Agung Rai Sutanaya, serta Kepala BPD Cabang Mangupura, Nyoman Sumanaya, pada Senin (16/6).

Kepada kedua siswa pelajar terbaik Badung pada UN tahun ini, yakni Luh Ayu Nanamy KES dan Muhammad Iqbal Galih Widiyana, Bupati Gde Agung selaku kepala daerah menekankan agar keduanya tidak putus sekolah di tengah jalan. Agar dapat terus melanjutkan pendidikan, ia menegaskan akan memberikan dukungan konkrit berupa beasiswa dalam bentuk tabungan di BPD Cabang Mangupura yang khusus diarahkan dari bantuan operasional dirinya sebagai bupati.

“Untuk kepentingan biaya sekolah di Badung, siswa sudah tidak membutuhkan biaya besar karena sudah didanai oleh pemerintah. Maka tabungan beasiswa ini hendaknya dapat dijadikan sebagai kebanggaaan serta dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi kalian,” pesan Bupati Gde Agung.

Ia juga menugaskan Kadisdikpora Kabupaten Badung agar terus mendorong anak-anak di Badung untuk mendulang prestasi. Agar dapat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya sehingga pada akhirnya nanti dapat mendorong peningkatan kualitas SDM guna mendorong IPM Kabupaten Badung.

Adanya penghargaan atau apresiasi terhadap siswa berprestasi UN 2014 dari bupati tersebut, Ketut Widya Astika, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung, berharap supaya dapat memotivasi semangat siswa lainnya. Serta memberi contoh atau tauladan kepada siswa lainnya di Kabupaten Badung agar lebih memacu prestasinya sehingga dapat melahirkan Nanamy dan Iqbal lain di Kabupaten Badung.

BUPATI BADUNG BERIKAN BEASISWA PERAIH UN TERTINGGI RP 25 JUTA
Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung, saat menyerahkan beasiswa pelajar SMP berprestasi UN tertinggi se-Provinsi Bali kepada Luh Ayu Nanamy KES dan Muhammad Iqbal Galih Widiyana. (Foto: F.915)

“Dari 100 ribu siswa di Badung tahun ini hanya 2 orang siswa yang berhasil meraih bantuan khusus dari Bapak Bupati senilai Rp 25 juta. Ini merupakan kebanggaan dan diharapkan dapat menjadi cambuk bagi siswa yang lain untuk berprestasi dan dapat mengharumkan nama sekolah serta nama Kabupaten Badung,” ungkapnya.

Sementara Nanamy mewakili rekan sesama pelajar SMP-nya menyampaikan kiat-kiatnya sehingga dapat meraih nilai IPA 10, matematika 10, Bahasa Inggris 9,8 dan Bahasa Indonesia 9,6. Yaitu, dengan bersungguh-sungguh menyimak penjelasan guru saat menerangkan pelajaran di sekolah serta mengulanginya lagi di rumah saat setelah selesai membantu orangtua. “Di samping itu juga harus sering mengikuti try out. Baik yang diadakan Pemkab Badung maupun dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali sehingga dapat mengasah kemampuan kita dalam menghadapi UN,” jelasnya. (F.915)R.26