banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Bermain Di Luar ‘Baik Untuk Kesehatan Mata’

653 views


Anak-anak perlu bermain di luar rumah untuk menjaga kesehatan mata
Anak-anak perlu bermain di luar rumah untuk menjaga kesehatan mata

BERMAIN di luar rumah selama 40 menit per hari bisa mengurangi kemungkinan mengalami rabun jauh, kata para peneliti Cina.

Kesimpulan ini didasarkan pada penelitian terhadap enam sekolah dasar di Cina yang murid-muridnya bermain di luar ruangan selama setidaknya 40 menit per hari selama tiga tahun, yang diterbitkan di jurnal Jama.

Secara keseluruhan ada 12 sekolah yang diikutkan dalam penelitian ini, enam sekolah meminta murid bermain di luar selama 40 menit per hari, sementara enam sekolah lainnya meminta para siswa untuk tetap berada di dalam ruangan.

“Ini penting secara klinis karena anak-anak yang menderita myopia kemungkinan kondisinya akan makin parah. Menghentikan atau menunda myopia menjadi lebih parah bisa berdampak positif terhadap kesehatan mata dalam jangka panjang,” kata tim peneliti.

Temuan ini sepertinya mendukung teori bahwa anak-anak perlu menyeimbangkan antara kegiatan membaca dan aktivitas yang memerlukan pandangan jauh, yang bisa dicapai, di antaranya dengan bermain di luar rumah.

Para pakar mengatakan rabun jauh jamak ditemui di kalangan anak-anak namun penyebab pasti gangguan ini belum diketahui.

Editor Jama mengatakan temuan ini masih perlu diperkuat dengan penelitian-penelitian lain. (BBC Indonesia) www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com