banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

AYO KITA JAGA PRODAMAS

501 views


Sebagus apa pun program pembangunan tanpa ada peran serta dan dukungan masyarakat, mustahil program tersebut bisa terlaksana dengan baik
Sebagus apa pun program pembangunan tanpa ada peran serta dan dukungan masyarakat, mustahil program tersebut bisa terlaksana dengan baik

PROGRAM Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) awal mula dimunculkan oleh Mas Abu – Ning Lik memang untuk menjawab pemerataan pembangunan Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Berawal dari situlah, saat mendapat amanah memimpin Kota Kediri, Mas Abu merasa masyarakat harus dilibatkan secara langsung dalam pembangunan.
Program terobosan yang inovatif dan mengajak masyarakat untuk menjadi aktor pembangunan pun dibuat. Prodamas ini mampu menjelma menjadi program partisipatif yang bisa memotivasi masyarakat tampil dalam pembangunan di lingkungannya.
Mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan esensial masyarakat serta meningkatkan partisipasi di lingkungan RT/RW untuk percepatan pembangunan di Kota Kediri, meliputi peran aktif masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pembiayaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengembangan hasil pembangunan, merupakan syarat mutlak yang dibutuhkan dalam tata pemerintahan dan tata kelola perkotaan yang baik.
Memang benar, suatu program kegiatan tanpa ada sinergi antara pemerintah dengan masyarakat dan semua unsur pendukung lain, akan sulit tercipta keberhasilan. Begitu juga dengan Prodamas yang tahun ini sudah menginjak tahun ke-2, yang wajib melibatkan peran serta masyarakat untuk menuju arah keberhasilan.
“Sebagus apa pun program pembangunan tanpa ada peran serta dan dukungan masyarakat, mustahil program tersebut bisa terlaksana dengan baik. Justru program yang bagus akan sia-sia tanpa dukungan dan peran serta masyarakat selaku penerima manfaat program,” ujar Mas Abu.
Melihat kerja dari Prodamas, berbagai persoalan yang selama ini terjadi di tengah-tengah masyarakat, pelan tapi pasti bisa teratasi. Terutama pembangunan infrastruktur (fisik) yang selama ini masih belum merata. Begitu juga dengan sektor ekonomi dan sosial yang selama ini mungkin terabaikan bisa terselesaikan dengan Prodamas meskipun skala kecil.
Daerah yang dulu belum memiliki jalan gang bagus, kini sudah banyak yang terpasang rapi paving di setiap sudut. Pembuatan saluran air, resapan hingga pembenahan got dengan cepat bisa diselesaikan lebih cepat. Warga kini juga banyak yang memiliki usaha bersama untuk meningkatkan ekonomi mereka. “Inilah Prodamas, mari kita jaga program ini untuk Kota Kediri lebih baik, maju dan bermartabat,” pungkas Mas Abu. (ADV Humas Kota/RIED)
www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com