Semua  

Apabila Ada Pemeriksaan DD, Kades Paslaten Sudah Siap

Kepala Desa Paslaten, Vian Langelo.
Kepala Desa Paslaten, Vian Langelo.
Kepala Desa Paslaten, Vian Langelo.
Kepala Desa Paslaten, Vian Langelo.

DANA Desa (DD) sudah berjalan di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Oleh karena itu DD harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan di setiap desa. Hal ini akan ada inspeksi mendadak (sidak) dari pihak BPK, kejaksaan dan kepolisian untuk melihat sejauh mana penggunaan DD tersebut.

Di Desa Paslaten, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, penggunaan DD sudah sangat baik dan kadesnya sangat peduli sekali dengan pembangunan di desanya. Saat ditemui FAKTA, Kades Paslaten, Vian Langelo, menyampaikan bahwa DD itu harus jelas penggunaannya, karena sangat bermanfaat bagi pembangunan desa itu sendiri. Jadi masyarakat juga harus tetap mengawasi penyaluran DD itu.

Kades Vian selalu siap apabila ada dari pihak BPK turun ke lapangan untuk melihat hasil dari pekerjaandi Desa Paslaten. Begitu juga dengan pihak kepolisian dan kejaksaan. “Jadi, apabila ada polisi, masyarakat tidak usah kaget karena itu adalah tugas dari polisi maupun kejaksaan untuk mengawal dan mengawasi dana desa. Apalagi ada instruksi dari Bapak Presiden Jokowi melalui Bapak Kapolri untuk mengawasi penggunaan dana desa. Oleh karena itu jangan coba-coba memanfaatkan dana desa itu untuk kepentingan sendiri, karena ada sanksi hukumnya. Dan untuk saat ini kami ada MoU dengan Pemerintah Kabupaten bersama Polres untuk mengawal dana desa ini,” tegas Kepala Desa Paslaten, Vian Langelo.

Presiden Jokowi minta agar dana desa itu dipergunakan sebaik-baiknya karena dana desa itu anggarannya sangat besar dan dana desa itu diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk mensejahterahkan masyarakat yang ada di desa di seluruh Indonesia. (F.1009)