banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Peter Gabriel Raih Penghargaan Musik

507 views


MANTAN vokalis band Genesis, Peter Gabriel, dianugerahi Penghargaan Progressive Music untuk karier musik yang telah dia jalani selama lima dekade. Gabriel menerima penghargaan sebagai ‘Dewa Musik Progressive’ atau ‘Prog God’ di Shakespeare’s Globe, London.

Peter Gabriel sempat terkenal sebagai vokalis band Genesis. Posisinya kemudian digantikan Phil Collins
Peter Gabriel sempat terkenal sebagai vokalis band Genesis. Posisinya kemudian digantikan Phil Collins

“Meski musik progresif mungkin adalah genre musik yang paling diejek sepanjang masa, ada banyak musisi luar biasa yang mencoba meruntuhkan penghalang guna menolak aturan-aturan bermusik,” kata Gabriel.

Kepada BBC, dia mengaku lebih nyaman dengan label musik progresif saat ini ketimbang awal kariernya. “Kala itu, kami benar-benar merintis. Kami tidak selalu mencapainya secara tepat, namun ketika berhasil kami bisa membuat orang bergoyang dan membuat keajaiban. Kini saya melihatnya sebagai masa-masa pertumbuhan yang sehat,” kata Gabriel.

Sukses

Gabriel, yang meninggalkan Genesis pada 1975, menikmati kesuksesan secara komersial sebagai penyanyi solo saat merilis album So pada 1986. Dua tembang di dalam album tersebut yang merajai tangga-tangga lagu ialah Sledgehammer dan Don’t Give Up.

Kini, Gabriel masih tampil di panggung musik. Bahkan, selama dua tahun terakhir dia tampil dalam tur Back To Front yang mengedepankan sejumlah musisi yang pernah berkolaborasi dengannya.

Jerry Ewing, editor Majalah Prog, yang membuat penghargaan Progressive Music pada 2012 mengatakan Gabriel merupakan musisi berbakat yang mampu keluar dari batasan kreativitas.

“Dari lagu-lagu yang mendunia sampai bereksperimen dengan musik dunia, begitu juga dengan karya luar biasanya di luar musik, merupakan kehormatan untuk memberi penghargaan kepada Peter,” ujar Ewing.

Selain Peter Gabriel, musisi yang juga mendapat penghargaan ialah grup Dream Theater. Band yang terkenal dengan tembang Spirit Carries On tersebut mendapat predikat ‘Band Tahun Ini’. (BBC)