banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Pencarian Jenazah MH17 Ditunda Karena Perang Berlanjut

555 views


Pencarian Jenazah MH17 Ditunda Karena Perang Berlanjut
Tim penyidik internasional untuk Malaysia Airlines MH17 di lokasi kejadian

PERDANA Menteri Belanda, Mark Rutte, menghentikan untuk sementara pencarian jenazah dari pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina timur.

Penundaan pencarian itu disebabkan karena situasinya dianggap terlalu berbahaya.

“Tidak masuk akal untuk meneruskan upaya pemulangan dalam kondisi seperti ini,” tutur Rutte dalam konferensi pers di Den Haag, Rabu, 6 Agustus.

Rutte menambahkan berlanjutnya pertarungan antara pasukan pemerintah Ukraina dan kelompok pemberontak pro-Rusia di dekat lokasi jatuhnya pesawat membuat para ahli forensik tidak mungkin mencapai puing-puing pesawat.

Pencarian Jenazah MH17 Ditunda Karena Perang Berlanjut
Sejak awal tim penyidik internasional menghadapi hambatan untuk mencapai lokasi

Upaya sebelumnya untuk menemukan jenazah yang dilalukan pihak berwenang setempat ternyata berlangsung dengan lebih seksama dibanding yang diperkirakan.

Proses pencarian, menurut PM Rutte, akan diteruskan kembali jika keadaan cukup aman.

Tim penyelidik Belanda dan Australia sejak awal mencapai kesulitan untuk mencapai lokasi walau kemudian akses ke sana dimungkinkan setelah militer Ukraina menghentikan operasi.

Diperkirakan masih terdapat sekitar 80 jenazah di tempat kecelakaan sementara

jenazah yang sudah ditemukan telah dibawa ke Eindhoven, Belanda.

Pencarian Jenazah MH17 Ditunda Karena Perang Berlanjut
Dekrit Presiden Putin memerintahkan pembatasan dan larangan selama setahun

Semua 298 penumpang dan awak tewas setelah pesawat dengan penerbangan MH17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur itu jatuh ditembak oleh kelompok pemberontak pro-Rusia.

Rusia sudah membantah tudingan tersebut namun Amerika Serikat dan Uni Eropa tetap meningkatkan sanksi kepada pemerintah Moskow setelah insiden MH17 ini.

Dekrit Presiden Putin Untuk Membalas Sanksi AS Dan Eropa

            Presiden Rusia, Vladimir Putin, sudah melarang atau membatasi impor pertanian dari negara-negara yang menerapkan sanksi ke Rusia terkait krisis Ukraina.

Dalam dekritnya, dia menetapkan langkah tersebut – yang juga diterapkan pada impor pangan – diberlakukan selama satu tahun.

Pencarian Jenazah MH17 Ditunda Karena Perang Berlanjut
Impor buah Rusia dari Uni Eropa mencapai 2 miliar euro per tahun

Departemen-departemen pemerintah diminta untuk memberikan daftar dari produk yang menjadi subyek dekrit.

Rusia sebelumnya pernah memberlakukan larangan impor dari negara lain namun dengan alasan kesehatan masyarakat umum.

Dekrit yang dikeluarkan Rabu, 6 Agustus 2014, ini tidak menyebutkan secara tegas negara-negara sasaran namun Amerika Serikat dan Uni Eropa beberapa waktu belakangan meningkatkan sanksinya atas Rusia.

Brussel – pusat pemerintah Uni Eropa – sudah memperluas sanksi terhadap individu-individu yang dekat dengan Putin hingga ke sektor ekonomi.

Rusia membeli buah dan sayur dari Uni Eropa dengan nilai 2 miliar euro per tahun sementara impor pangan serta produk pertanian dari Amerika Serikat senilai 1 miliar euro.

Sanksi atas Rusia terkait dengan dukungannya atas kelompok pemberontak di timur Ukraina, dan ditingkatkan oleh negara-negara Barat setelah kelompok pemberontak menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17. Seluruh 298 penumpang dan awak di dalam pesawat tewas. (BBC)