banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Pemilukada Badung Sukses Pemkab Dan KPU Badung Apresiasi Seluruh Stakeholder

471 views


Evaluasi dan apresiasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2015 yang berlangsung Senin, 25 Januari, di ruang Kertha Gosana Puspem Badung
Evaluasi dan apresiasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2015 yang berlangsung Senin, 25 Januari, di ruang Kertha Gosana Puspem Badung

RAMPUNGNYA seluruh tahapan Pemilukada Kabupaten Badung Tahun 2015, Komisi
Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemkab Badung menggelar evaluasi dan apresiasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2015. Acara yang berlangsung Senin (25/1) di ruang Kertha Gosana Puspem Badung ini dihadiri Pj Bupati Badung, I Nyoman Harry Yudha Saka, Ketua DPRD Badung yang diwakili A A Nadhi Putra, Sekda Badung, Kompyang R Swandika, bersama jajaran SKPD Badung, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Bupati Badung dua periode, A A Gde Agung, Ketua DPC PDIP Badung, I Nyoman Giri Prasta yang juga Bupati Badung terpilih, Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Muntra, dari Gerindra, I Nyoman Sentana, dari KPU Provinsi Bali, Bawaslu Bali, KPU dan Panwaslu Badung, jajaran penyelenggara Pemilukada Badung 2015 serta mahasiswa dan pelajar SMA/SMK.
Acara evaluasi diisi dengan pemberian penghargaan atas kerja sama dan partisipasi, pementasan lagu maskot Nayakottama Prayojana serta yel-yel pemilukada jujur dan adil dari SMK Wira Harapan.
Pj Bupati Badung, Harry Yudha Saka, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada segenap stakeholder tentunya kepada KPU dan Panwas yang merupakan motor penggerak keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilukada 9 Desember 2015 lalu. Selain itu Yudha Saka tak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kedua pasangan calon, segenap jajaran partai politik pengusung termasuk segenap masyarakat Kabupaten Badung yang telah berkontribusi besar atas terciptanya kondisi yang sangat kondusif sehingga seluruh tahapan Pemilukada Badung dapat berjalan dengan baik dan lancar.
“Keberhasilan penyelenggaraan Pemilukada Badung 2015 ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis mengingat Pemilukada Badung mendapat perhatian serius pemerintah pusat sehingga dipilih sebagai pilot project pelaksanaan pemilukada secara serentak di Indonesia yang mendapat pendampingan serta dipantau secara langsung oleh KPK RI,” imbuhnya.
Ketua KPU Provinsi Bali yang diwakili Dr Ni Wayan Widiastini MSi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Pilkada Badung yang telah berjalan aman, damai dan berintegritas. Selain itu KPU Badung dijadikan salah satu pilot project diselenggarakannya pilkada yang berintegritas.
Ditambahkannya, Pilkada Badung yang mengusung Nayakottama Prayojana untuk memilih pemimpin yang mulia telah membuahkan hasil berkat kerja keras bersama.
Ia pun memberikan catatan, salah satunya partisipasi pemilih yang cenderung menurun dan kondisi ini terjadi secara nasional termasuk di Badung. “Ini penting menjadi catatan untuk menyongsong dan mensukseskan Pilgub Bali 2018 mendatang,” ujarnya.
Ketua KPU Kabupaten Badung, A A Gede Raka Nakula, menjelaskan bahwa kegiatan evaluasi dan apresiasi Pemilukada Badung 2015 ini intinya KPU Badung menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder baik itu masyarakat, pemerintah, penyelenggara, partai politik dan pasangan calon, karena pelaksanaan Pemilukada Badung 2015 sudah berjalan dengan baik dan sukses. Evaluasi ini juga sebagai bentuk apresiasi dan menyampaikan permasalahan-permasalahan yang sudah dirangkum dari berbagai kegiatan dan tahapan.
Dijelaskannya, yang paling urgen untuk evaluasi ke depannya adalah masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), karena DPT yang diterima ada beberapa pemilih yang sudah pindah dan meninggal masih tercantum. Sementara terkait jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung terpilih, dijelaskan bahwa KPU bersama anggota dewan sudah melakukan konsultasi ke kemendagri dan sekarang tinggal menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres). “Dari konsultasi ke mendagri, kecenderungan pelantikannya pada bulan Maret,” imbuhnya. (Tim)www.majalahfaktaonline.blogspot.com / www.majalahfaktanew.blogspot.com