
DARI hasil survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung bekerjasama dengan Universitas Warmadewa diketahui bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Badung terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung mengalami peningkatan dengan nilai 83,61. Hal tersebut terungkap saat presentasi laporan akhir penelitian survei indeks kepuasan masyarakat Kabupaten Badung Tahun 2019, bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Senin (7/10). Acara ini dihadiri Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, Kepala Balitbang Badung, I Wayan Suambara, Tim Leader Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat, I Gede Agus Wibawa, beserta perangkat daerah.
Kepala Balitbang Badung, I Wayan Suambara, mengatakan, kegiatan survei IKM terutama berkenaan dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung ini telah menjadi agenda tahunan Pemkab Badung. Untuk tahun ini survei dilakukan oleh Balitbang Badung bekerjasama dengan Universitas Warmadewa. “Dari hasil survei yang sudah dilakukan, dan secara terbuka telah disampaikan oleh Tim Universitas Warmadewa, terdapat hasil peningkatan dibandingkan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 lalu nilai rata-rata kepuasan masyarakat pada angka 79,73 dan survei yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 83,61. Peningkatan ini tentu menggambarkan adanya peningkatan perilaku pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah kepada masyarakat. Jadi, survei ini respondennya adalah masyarakat umum yang mencari pelayanan-pelayanan pada perangkat daerah di Pemkab Badung dan semua perangkat daerah sebagian besar mempeloreh nilai yang baik dan 50 persen memperoleh klasifikasi A dengan mutu pelayanan sangat baik,” jelas Suambara.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, memberikan apresiasi kepada tim yang telah melakukan survei dengan sangat obyektif. Dari hasil survei yang dijelaskan oleh tim tampaknya sudah ada peningkatan baik indeks kepuasan masyarakat, kinerja pelayanan maupun mutu pelayanan di Badung. Sekda juga melihat dari hasil survei ini secara kuantatif bahwa sudah ada peningkatan kinerja. “Tentunya ini harus terus dijaga kualitas pelayanannya, jangan sampai apa yang sudah diperoleh saat ini menjadi menurun di tahun mendatang. Oleh karena itu saya berharap kepada Badan Litbang dengan tim survei indeks agar menjadi lebih baik lagi,” kata Adi Arnawa. (Humas Setda Kabupaten Badung)








