Semua  

HUT KOTA JAYAPURA KE-108 TAHUN DIAKHIRI DENGAN PEMBERIAN PENGHARGAAN KEPADA WAJIB PAJAK DAN PERESMIAN PASAR MAMA-MAMA PAPUA

HUT Kota Jayapura  ke-108 tahun berlangsung di Lapangan Lantamal TNI Angkatan Laut Hamadi hari Rabu, 7 Maret 2018, pukul 09.00 wit diikuti oleh Kapolda, Plt  Gubernur Papua,  para walikota negara tetangga PNG, Konsulat  PNG, Komandan Lantamal 10  Lanud Jayapura,  Muspida Kota Jayapura, rekan-rekan walikota, sekda kota, ketua LMA, ketua perguruan tinggi,  lurah,  kepala kampung dan pelajar SD , SMP, SLTA, TNI, Polri, pramuka,

Walikota memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung program kerjanya sehingga semua berjalan lancar dan sukses sampai di tahun ke-2 kepemimpinannya. Hal ini terbukti dengan pertama, terjadinya peningkatan kwalitas hidup beragama yang rukun dan damai.

Kedua, terjadinya perbaikan dan pembinaan tata kelola pemerintahan yang semakin baik, transparan dan akuntabel didukung oleh aparatur yang berkualitas dan berpotensi serta penataan struktur  yang  lebih efisien, efektif dan terbuka. Serta dukungan kelembagaan yang menata tata kelola keuangan sehingga mendapat opini WTP dari BPK Tahun 2013 -2016.

Tata kelola pendapatan hasil daerah itu meliputi penerapan teknologi informasi hingga target PAD meningkat menjadi Rp 164,2 milyar di tahun 2017 dan  target  Rp 186,5 milyar di tahun 2018.

Ketiga, bidang pelayanan publik, menerima penghargaan dari pemerintah pusat dan Ombudsman RI yaitu kependudukan dan capil menerima ISO 9001  2008 dan registrasi KTP El mendapat predikat Pelayanan Terbaik Tingkat Nasional dari Menteri Dalam Negeri. Demikian ungkap Walikota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano,  di akhir upacara yang dilanjutkan pemberian penghargaan kepada wajib pajak.

Di sela-sela acara Jonathan R dari FAKTA mewawancarai Ali Mas’udi, Sekretaris Bapenda Kota Jayapura yang menjelaskan bahwa walikota memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak yang tepat waktu dalam membayar pajak agar menjadi motivasi bagi wajib pajak lainnya. Adapun para wajib pajak yang mendapatkan penghargaan untuk pajak hotel adalah Hotel Haston, Matos’ D, Green, Swees Bell. Untuk pajak restoran adalah Restoran B One, KFC Jayapura, Bakery Saga Abepura, Restoran Solaria Jayapura, Bakery So Yumi. Untuk pajak hiburan adalah Cinema XXI Jpr, Futsal Wiguna, Bar Blue Angles, Timung Melati Putih. Untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) adalah Z Jantewo, PT Bank BRI, Bank Papua, Bank Indonesia. “Penghargaan ini sebagai reward bagi wajib pajak di kota ini yang tepat waktu dalam membayar pajaknya,” tutur Ali Mas’udi, Sekretaris Bapenda Kota Jayapura.

Sekitar pukul 12.00 wit walikota meresmikan Pasar Mama-Mama Papua. Walikota mengatakan bahwa pasar yang digunakan oleh mama-mama Papua sebanyak 298 orang ini dengan pembagian lantai 1 jualan makanan kering, lantai 2 jualan barang basah, lantai 3 untuk kerajinan aksesoris dan lantai 4 untuk pelatihan. (F.1010)